5 Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Online Shop

Hai teman Berberita, kami dari redaksi mendapatkan banyak pertanyaan dari para pembaca: Bagaimana cara dan langkah awal untuk memulai bisnis online shop bagi pemula? Apakah bisa tanpa modal?

Saat ini, cara memulai bisnis online shop memang banyak dicari netizen karena sudah menjadi trend usaha masa kini. Bagi pemula, mungkin sangat bingung untuk menentukan atau bahkan memulai bisnis online.

Biar kamu tidak bingung, redaksi Berberita.com akan memandu Anda untuk menemukan sebuah jawaban tentang tips, cara dan langkah-langkah awal memulai bisnis online shop bagi pemula. Siapkan 5 hal di bawah ini!

toko online shop
Ilustrasi foto belanja di toko online shop (Gambar: Bisnis Keuangan Kompas)

Buat alamat email
Alamat email sangat wajib bagi Anda yang ingin memulai bisnis online shop, baik itu baju atau maupun barang-barang lainnya. Email berfungsi sebagai surat keluar masuk, menawarkan produk hingga menerima pesanan.

Alamat email sangat vital perannya untuk Anda. Saat ini, ada dua email gratis yang bisa Anda coba, yakni Yahoo dan Gmail. Sebagai saran, sebaiknya gunakan Gmail saja karena dibackup Google dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Sebagai kiat, trik dan tips, pakai nama alamat email sesuai dengan nama usaha Anda. Misalnya, Melationlineshop@gmail.com atau nama-nama lainnya. Sebaiknya, gunakan email yang singkat dan mudah diingat orang.

Tentukan jenis bisnis
Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa Anda geluti. Misalnya, baju, kerajinan, kaos, celana, produk olahan yang unik, dan masih banyak jenis lainnya.

Sebagai kiat dan tips, sebaiknya memulai bisnis online sesuai dengan apa yang kamu suka. Dengan begitu, kamu tidak bosan dan jenuh dengan usaha yang kamu geluti.

Membuat website
Langkah selanjutnya, buat situs atau website. Kalau Anda pusing, buat blog dari blogger atau wordpress tidak masalah.

Namun, agar lebih profesional, sebaiknya gunakan domain dotcom agar lebih terkesan meyakinkan. Misalnya, berberita.com dan lainnya sebagainya. Apa sih fungsi dari website dalam bisnis online?

Ibarat toko, website adalah toko kamu di dunia maya di mana pembeli bisa memilih semua produk-produkmu di website. Secara singkat, fungsi website adalah sebagai media promosi, media pemasaran, media berinteraksi dan berkomunikasi dengan pembeli atau pelanggan, serta media ikan seputar produk yang kamu jual.

Iklan di komunitas online
Ada banyak jejaring sosial yang bisa menampung promosi website kamu sebagai tokonya produk. Kamu bisa promosikan di KOMPASforum, KASKUS, Forum Jual Beli di daerahmu, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat ini, banyak sekali media yang bisa kamu jadikan media iklan terkait produk-produk kamu. Misalnya, OLX (dulu Toko Bagus dan Berniaga), Tokopedia, Bukalapak, Blanja, dan seabrek situs jual beli lainnya yang bisa kamu coba.

Manfaatkan jejaring sosial
Ada banyak sekali situs jejaring sosial yang bermanfaat untuk menjual produk-produk atau mempromosikan toko online kamu. Misalnya, facebook ada fanspage atau grup, Twitter, BBM, Line, Whatsapp, dan masih banyak lagi lainnya.

Demikian artikel seputar cara, tips, kiat dan langkah-langkah awal untuk memulai bisnis online shop bagi pemula tanpa modal. Cukup dengan internet saja! Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "5 Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Online Shop"

Poskan Komentar