KPK: Ini 5 Fakta Dampak Korupsi di Indonesia

Berberita.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis sedikitnya ada sejumlah dampak korupsi di Indonesia yang benar-benar merugikan bagi masyarakat dan negara.

Dampak korupsi bagi masyarakat dan negara di Indonesia sangat beragam, mulai dari dampak terhadap politik, pelayanan kesehatan, di bidang sosial, kebudayaan, politik dan demokrasi, perekonomian, hingga bagi masyarakat dan keluarga.

Namun, ada sejumlah dampak korupsi yang serius bagi keberlangsungan masyarakat dan negara yang dihimpun Berberita.com dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Artikel ini boleh saja digunakan sebagai referensi dalam membuat makalah tentang dampak korupsi, asal mencantumkan sumber.

Komisi Pemberantasan Korupsi KPK

Kemiskinan
Di bidang perekonomian, negara dan masyarakat, dampak korupsi berakibat angka kemiskinan semakin naik.

Dari data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) per tahun 2013, angka kemiskinan di Indonesia mencapai 28,55 juta. Pada tahun 2014, mencapai 28,28 juta orang dan tahun 2015 diprediksi mencapai 30,25 juta orang.

Pengangguran
Fakta mengejutkan selanjutnya, pengangguran di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2013 ada 7,39 juta orang. Pada Agustus 2014, turun menjadi 7,24 juta orang.

Pada Februari 2015, angka pengangguran di Indonesia naik menjadi 7,45 juta orang. Ini menjadi salah satu dampak korupsi bagi masyarakat dan negara.

Hutang luar negeri
Dari informasi yang dihimpun Berberita.com dari Bank Indonesia (BI), hutang Indonesia dengan luar negeri mencapai Rp 4.376 triliun.

Bentuk, model dan macam-macam hutang negara itu dihitung dari berbagai aspek, mulai dari hutang pemerintah, Bank Indonesia (BI) dan swasta.

Kerusakan alam
Saat ini, sedikitnya 3,8 juta hektare lahan hutan di Indonesia dibabat habis tanpa ampun dan dieksploitasi secara ilegal. Ini dampak korupsi bagi kerusakan lingkungan alam. 3,8 juta hektare bukan lahan yang sedikit, tetapi sangat luas.

Dampak sosial
Dampak korupsi terhadap bidang kehidupan sosial dan budaya adalah menimbulkan "biaya sosial" yang tinggi sehingga merugikan masyarakat dan negara.

Demikian artikel tentang 5 fakta dampak korupsi bagi masyarakat dan negara di Indonesia, mulai dari dampak terhadap politik, pelayanan kesehatan, di bidang sosial, kebudayaan, politik dan demokrasi, perekonomian, hingga bagi masyarakat dan keluarga. Semoga bermanfaat untuk menjadi referensi dalam makalah tentang dampak korupsi. (*)

0 Response to "KPK: Ini 5 Fakta Dampak Korupsi di Indonesia"

Poskan Komentar