Kerokan untuk Menghilangkan Masuk Angin, Mitos atau Fakta?

Kerokan untuk menghilangkan masuk angin itu bahaya gak sih? Kerokan itu mitos atau fakta? Begitu pertanyaan yang muncul dari pembaca setia kami.

Selama ini masyarakat memiliki asumsi bahwa kerokan menjadi obat masuk angin. Setelah badan dikerok dengan minyak angin mulai dari leher hingga dada dan punggung, masyarakat yakin bahwa penyakit masuk angin yang diderita akan hilang.

Memang, keyakinan kerokan sampai saat ini menjadi metode dan cara paling ampuh untuk mengusir masuk angin. Banyak yang kemudian latah: Saya masuk angin, tolong dikerokin dong!

Dalam tayangan Dr Oz Indonesia Trans TV dijelaskan manfaat, khasiat dan bahaya kerokan untuk masuk angin. Meski terbukti bisa menyembuhkan karena proses inflamasi, tetapi ada resiko tersendiri dari kerokan, yakni terbukanya pori-pori di mana bakteri dan virus bisa saja masuk tubuh dengan mudah.

Nah, mari kita bahas secara seksama. Redaksi bagian kesehatan Berberita.com akan mengulas lebih dalam mengenai mitos dan fakta tentang kerokan masuk angin.

kerokan masuk angin photo
Ilustrasi foto kerokan masuk angin bagian punggung. (Berberita.com)

Mitos kerokan
Sesuai dengan informasi yang berkembang lama di masyarakat dan menjadi sebuah mitos, kerokan diyakini ampuh menyembuhkan, menyegarkan, bahkan menjadi obat masuk angin.

Karena itu mitos, warga tak perlu lagi membuktikan dengan kebenaran ilmiah sesuai dengan fakta medis atau kesehatan. Karena faktanya memang bisa menyembuhkan dan menjadi obat.

Fakta kerokan
Di kalangan medis, kerokan memang menjadi sebuah metode yang sudah teruji secara ilmiah. Kerokan adalah aktivitas untuk merangsang sistem pertahanan dan kekebalan tubuh manusia dengan cara induksi radang lokal.

Dengan peradangan melalui cara dikerok, maka pembuluh darah akan melebar sesaat. Pada saat melebar inilah faktor-faktor pertahanan tubuh seperti interferon dan tumor nekrosis aktif.

Dengan upaya itu, sistem pertahanan tubuh akan bangkit untuk melawan dan mengontrol keberadaan virus maupun ragam penyakit yang menyebabkan Anda sakit.

Bahkan, jika virus itu dideteksi tubuh sebagai sesuatu yang berbahaya, maka virus itu bisa disulap menjadi material biologis yang bermanfaat untuk tubuh. Hal ini melalui cara testimulasi yang bisa melakukan eliminasi dan daur ulang virus. Wow, hebat kan?

Demikian artikel kesehatan seputar kerokan untuk menghilangkan dan obat masuk angin, mitos atau fakta yang merupakan jawaban dari pertanyaan: kerokan itu bahaya gak sih? Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "Kerokan untuk Menghilangkan Masuk Angin, Mitos atau Fakta?"

Poskan Komentar