Inilah 3 Penyebab Utama Datangnya Penyakit dalam Diri

Berberita.com - Mungkin Anda bertanya-tanya, apa penyebab utama datangnya sebuah penyakit dalam diri? Kenapa tiba-tiba jatuh sakit? Apakah ada antisipasinya?

Banyak yang mengatakan, penyebab datangnya penyakit berasal dari dalam diri sendiri. Memang ini betul. Semua berawal dari perbuatan, aktivitas dan segala sesuatu yang ada dalam diri sendiri.

Setiap penyakit yang datang seperti virus, bakteri, kuman tidak akan mempan atau mampu menerobos benteng ketahanan tubuh apabila diri kita punya pertahanan yang kuat, seperti imunitas, kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Nah, imunitas itu dibentuk dari dalam diri sendiri.

Dalam ajaran agama Islam, terutama dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 111 sudah dijelaskan, jika siapapun yang mengerjakan setiap dosa, sesungguhnya ia tengah mengerjakan kemudaratan untuk dirinya sendiri.

Dalam Al Quran As Syura ayat 30-31 juga dijelaskan bahwa musibah yang menimpa manusia tak lain disebabkan perbuatannya sendiri. Dan, manusia tidak bisa lepas dari azab Allah.

Baik, coba kita telaah dari sisi medis, terlepas dari doktrin agama. Apa yang kita makan, biasanya menyebabkan sehat atau sakit. Termasuk, pikiran punya dampak bagi kesehatan kita.

Dilihat dari konteks kesehatan secara keseluruhan, sedikitnya ada 3 (tiga) penyebab utama kenapa manusia terkena penyakit. Simak satu per satu dari redaksi Berberita.com di bawah ini.

foto contoh sayuran makanan sehat
Makanan yang sehat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Foto: Wikipedia

Makanan dan minuman
Apa yang kita makan akan diolah melalui sebuah proses metabolisme tubuh. Jika apa yang kita makan alami dan sehat, maka dampaknya tubuh kita menjadi sehat.

Sebaliknya, jika makanan kita mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, maka akan bersifat racun dan membahayakan diri sendiri. Jadi, penyebab datangnya penyakit berasal dari sebuah makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Tidak olahraga
Badan yang kurang aktivitas fisik bisa menyebabkan sakit. Kenapa? Sebab olah raga bertujuan untuk mengolah badan, karena pada dasarnya manusia memang harus bergerak.

Dengan olahraga, organ-organ tubuh akan terpacu, bergerak sehingga metabolisme lancar. Bayangkan, setiap hari kita makan tetapi kalau tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, maka lemak-lemak akan menumpuk dan akhirnya beragam penyakit muncul.

Pikiran stres
Ingat, pikiran manusia adalah salah satu bagian dari inti kehidupan. Di sana letak kemuliaan manusia. Saat pikiran kacau dan stres akan memicu datangnya beragam penyakit.

Karena itu, rasa gembira, bahagia dan positive thinking menjadi salah satu kunci sukses menjaga kesehatan tubuh.

Di dalam jiwa yang sehat, terdapat badan yang kuat. Semboyan ini memang benar adanya. Dengan pikiran yang jernih dan tidak stres, maka proses metabolisme pun lancar.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa 3 penyebab utama datangnya penyakit dalam diri manusia adalah konsumsi yang meliputi makanan dan minuman, olahraga atau aktivitas fisik, dan pikiran. Bagaimana dengan Anda? (*)

0 Response to "Inilah 3 Penyebab Utama Datangnya Penyakit dalam Diri"

Poskan Komentar