Ini Sejuta Manfaat Kebaikan dan Kandungan Gizi Beras

Beras yang setiap hari kita makan ternyata menyimpan sejuta manfaat, kebaikan dan kandungan gizi atau nutrisi yang baik untuk tubuh. Meski terlalu makan nasi tidak terlalu baik untuk orang yang sedang menjalani diet, tetapi setidaknya beras punya manfaat dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Bagi masyarakat Indonesia, beras menjadi makanan pokok yang tak bisa ditinggalkan. Bahkan, banyak di antara masyarakat merasa ada yang kurang saat tidak mengonsumsi makanan berbahan beras. Selain beras terlanjur melekat di hati masyarakat Nusantara, beras menyimpan kandungan gizi dan kaya akan manfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, hingga protein.

Sayangnya, kandungan gizi yang tinggi pada beras seringkali hilang saat proses penggilingan. Hal ini diperparah saat beras direndam dan dicuci terlalu lama sebelum dimasak. Berikut artikel sejuta manfaat, kebaikan dan kandungan gizi nutrisi pada beras yang dirangkum redaksi Berberita.com untuk Anda.

foto beras
Beras mengandung sejuta manfaat dan kebaikan gizi. Foto: Wikipedia

Kandungan karbohidrat pada beras bermanfaat sebagai sumber energi, menjaga cadangan energi, serta membantu metabolisme protein dan lemak dalam tubuh. Dengan manfaat tersebut, karbohidrat membantu mencegah terjadinya ketosis atau asidosis yang dapat merugikan tubuh dan pemecahan protein yang berlebihan. Laktosa sebagai salah satu jenis karbohidrat membantu penyerapan kalsium dan ribosa yang menjadi komponen penting asam nukleat.

Selain karbohidrat yang tinggi, beras kaya akan protein, lemak, serat, dan asam omega 3. Namun, nutrisi ini banyak dijumpai pada lapisan rice bran atau masyarakat biasa mengenalnya “bekatul”. Di berbagai negara Eropa dan Amerika, bekatul banyak digunakan sebagai asupan serat untuk diet.

Pengolahannya pun beragam, mulai diolah menjadi tepung hingga sebagai campuran roti, sereal, dan muffin. Selain dicampur ke dalam makanan dan minuman, bekatul banyak diolah menjadi produk kecantikan, misalnya body lotion. Yang menakjubkan, kandungan nutrisi bekatul berkhasiat mengobati diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit hati, dan asam urat.

Selain bekatul, kandungan gizi yang paling bermanfaat pada beras terletak pada bagian mata beras (rice germ). Menurut European Food Safety Authorities (EFSA), mata beras mengandung vitamin B1, B2, dan vitamin E yang memberikan kebaikan untuk kesehatan tulang.

Selain itu, mineral yang terkandung dalam mata beras menjaga fungsi metabolisme tubuh. Sayangnya, keberadaan mata beras tidak disadari kebanyakan orang dan sulit untuk mengolahnya menjadi ragam makanan.

BACA JUGA: Ini Sejuta Kebaikan Manfaat dan Kandungan Gizi Beras Warna Hitam (Black Rice)

Demikian artikel manfaat, kebaikan dan kandungan gizi nutrisi pada beras yang baik untuk tubuh. Namun, saat makan nasi sebaiknya porsinya pas dan dilengkapi dengan ikan serta sayur-sayuran agar tercukupi kebutuhan empat sehat lima sempurna.

0 Response to "Ini Sejuta Manfaat Kebaikan dan Kandungan Gizi Beras"

Poskan Komentar