Inilah 10 Persiapan Tes TOEFL untuk Skor 550 [pdf]

Persiapan tes TOEFL memang harus matang untuk mencetak dan memperoleh skor minimal 550, baik TOEFL IBT maupun ITP. Ulasan ini berbentuk PDF yang kemudian disuguhkan dalam format artikel biasa agar mudah diakses dan dibaca.

Test TOEFL IBT maupun ITP memang acapkali membuat Anda dibayangi rasa takut dan was-was. Pasalnya, syarat mendapatkan beasiswa S2 maupun S3 biasanya mengharuskan skor TOEFL minimal 550.

Sementara itu, skor IELTS biasanya rata-rata yang disyaratkan 6.5 hingga 7. Tak ayal, skor TOEFL kadangkala menjadi momok yang menakutkan. Sekali gagal, Anda harus mengulang dan kembali membayar biaya administrasi.

Lalu, apa sih hal-hal yang dilakukan untuk persiapan ujian tes TOEFL agar mencapai skor tinggi minimal 550? Inilah ulasan dari redaksi Berberita.com untuk Anda! Simak dan persiapkan 10 hal di bawah ini!

Tes TOEFL IELTS
Ilustrasi mengerjakan test TOEFL. Foto/gambar: English Practice Online

  1. Pahami dasar-dasar bahasa Inggris yang baik dan benar. Ini adalah kunci sukses sebelum mengikuti test. Minimal grammar sudah paham.
  2. Pahami pola-pola atau model test TOEFL. Ingat, pertanyaan dalam ujian TOEFL biasanya memiliki pola, bentuk dan model yang sama sehingga Anda harus belajar soal ini melalui soal-soal latihan.
  3. Kenali bentuk-bentuk perintah atau direction. Jika Anda terbiasa dengan pola-pola itu, Anda tidak akan panik dan grogi.
  4. Ujian TOEFL bukan beban, tapi bermain. Bayangkan saja, test TOEFL bukanlah beban yang harus Anda hadapi, tetapi media bermain yang menyenangkan.
  5. Belajar TOEFL itu menyenangkan. Coba saja cermati kata pengucapan atau pronunciation kata demi kata hingga huruf demi huruf sehingga menjadi bekal untuk test bagian listening. Belajar bisa dengan musik maupun film berbahasa Inggris.
  6. Bacalah artikel bahasa Inggris. Jadi, mulailah sekarang sebagai persiapan untuk membaca buku, teks, berita, maupun artikel berbahasa Inggris.
  7. Jangan batasi bacaan Anda dengan tema-tema tertentu. Bacalah semua hal yang berbahasa Inggris. Ini menjadi bekal saat Anda dihadapkan pada berbagai pertanyaan spesifik, terutama dunia akademis.
  8. Luangkan waktu dengan membaca tiga kalimat dalam sehari. Ini akan melatih Anda untuk menghadapi jenis soal reading nantinya.
  9. Hargai proses belajar. Ingat, belajar bahasa itu erat hubungannya dengan waktu. Jadi hargai proses dan terus berusaha.
  10. Jangan lupa berdoa. Dengan berdoa, Anda akan semakin dekat dengan Tuhan dan dimudahkan jalanmu untuk mencapai skor tinggi. Terlebih, berdoa bisa meningkatkan kecerdasan spiritual yang menenangkan sehingga punya pengaruh yang besar pada hasil.

BACA JUGA: Mengenal Bentuk-bentuk Soal Ujian dalam Test TOEFL

Demikian 10 langkah-langkah dan persiapan ujian tes TOEFL IBT / ITP yang harus Anda lakukan agar mencapai skor minimal 550. Sekali lagi, mestinya ini berbentuk PDF, tetapi sudah dirubah format menjadi artikel sehingga mudah diakses dan dibaca. Selamat mencoba dan semoga sukses!

0 Response to "Inilah 10 Persiapan Tes TOEFL untuk Skor 550 [pdf]"

Poskan Komentar