3 Fakta Penyebab Kencing Manis dan Pencegahannya

Penyebab penyakit kencing manis (diabetes melitus) dan pencegahannya. Artikel kesehatan ini dibuat khusus untuk Anda yang masih seratus persen percaya bahwa diabetes disebabkan keturunan. Ini Faktanya!

Untuk mengulas seputar mitos dan fakta tentang penyakit kencing manis atau diabetes melitus, redaksi Berberita.com melakukan wawancara dengan Marketing Promotion Manager Nutrifood Area Jawa Tengah-DI Yogyakarta Steven Wang.

Menurutnya, penyebab penyakit kencing manis diabetes melitus disebabkan tiga faktor utama, yaitu pola hidup tidak sehat seperti tidak pernah olahraga, jarang istirahat, dan over dalam makan dan minum dengan yang manis-manis.

"Sebagian besar penderita diabetes di Indonesia tidak disebabkan faktor keturunan, tetapi gaya hidup yang tidak sehat. Karena itu, healthy lifestyle sangat penting untuk mencegah penyakit kencing manis," ujar Steven Wang kepada Berberita.com.

foto kencing manis diabetes melitus
Ilustrasi penyebab penyakit kencing manis diabetes. (Diabetes Directory)

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan ada tiga faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus, yaitu sebagai berikut:

  1. Jarang olahraga
  2. Kurang istirahat
  3. Over konsumsi makan dan minum yang manis-manis


Lalu, bagaimana dengan orang yang terkena kencing manis karena keturunan? Sebagian ahli kesehatan memang menyatakan faktor keturunan berpengaruh atau menurun pada anaknya. Tapi, dengan pola hidup yang baik diabetes melitus bisa diatasi.

Pencegahan
Seperti yang dikemukakan di atas, untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kencing manis, Anda harus meluangkan waktu minimal 30 menit per hari untuk olahraga, istirahat cukup antara 6 sampai 8 jam per hari, dan perhatikan diet sehat menu makanan dan minuman jangan terlalu sering dengan yang manis-manis.

Demikian artikel kesehatan seputar 3 Fakta Penyebab Penyakit Kencing Manis Diabetes Melitus dan Pencegahannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat, salam bugar!

0 Response to "3 Fakta Penyebab Kencing Manis dan Pencegahannya"

Poskan Komentar