Pengertian Single Parent/Mother Menurut Para Ahli

Pengertian single parent menurut para ahli adalah seorang ayah atau ibu yang ditinggalkan salah satu pasangan akibat suatu hal, seperti meninggal dunia atau perceraian. Sementara itu, definisi single mother adalah wanita/perempuan yang ditinggal suaminya dan harus mengasuh anaknya seorang diri.

Pengertian single mother menurut Papalia, dkk (2002) adalah wanita yang ditinggal suami atau pasangannya karena suatu penyebab, di antaranya berpisah karena meninggal dunia atau bercerai dan memutuskan tidak menikah karena fokus untuk membesarkan anaknya dengan seorang diri.

Anderson dkk (1998), mendefinisikan single mother secara singkat, yaitu wanita dewasa yang memutuskan untuk hidup sendiri karena perpisahan.

foto single parent mother janda satu anak
Ilustrasi single parent/janda beranak satu. Foto/Gambar: Wikipedia

Di Indonesia, single mother identik dengan sebutan untuk janda. Padahal, pengertian dan definisinya lebih kompleks dari sekadar seorang janda atau dalam bahasa Jawa disebut "rondo".

Bagaimana dengan istilah single parent? Menurut redaksi Berberita.com, single parent sama artinya dengan single mother, tetapi single parent bisa dialami seorang ayah atau bapak dan ibu, tetapi single mother hanya dialami seorang wanita yang sudah punya momongan.

Demikian pengertian dan definisi single parent/mother menurut para ahli yang bisa dijadikan referensi untuk membuat makalah di sekolah atau perguruan tinggi/kampus dengan catatan mencantumkan sumber. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Single Parent/Mother Menurut Para Ahli"

Poskan Komentar