Pengertian dan Fungsi Candi Secara Umum Menurut Para Ahli

Pengertian candi secara umum adalah sebuah peninggalan arsitektural yang berasal dari zaman Hindu, yaitu pada masa berkembangnya kebudayaan berlatar Hindu-Budha. Di Nusantara atau Indonesia, masa ini diperkirakan eksis pada abad ke-5 hingga abad ke-15 masehi.

Istilah candi diambil dari kata bahasa Jawa untuk menyebut suatu bangunan yang berfungsi untuk ritual keagamaan, berasal dari zaman Hindu. Dari aspek budaya, candi dipengaruhi dari India.

Menurut para ahli seperti Soekmono, candi adalah semacam bangunan yang berfungsi sebagai pemujaan atau disebut juga dengan istilah kuil. Menurutnya, keberadaan candi sebetulnya sudah ada sejak zaman prasejarah, yakni zaman sebelum adanya pengaruh agama Hindu-Budha di Nusantara.

Dari informasi yang dihimpun Berberita.com dari berbagai sumber artikel dan buku, fungsi candi didirikan juga untuk menempatkan arca berbentuk perwujudan dewa secara fisik atau leluhur. Arca inilah yang digunakan sebagai sarana untuk memuja.

foto candi paling indah di indonesia
Candi Prambanan di DI Yogyakarta. Sumber foto: Wikipedia

Arti candi juga bisa dikatakan sebagai tempat bersemayamnya para leluhur atau dewa-dewi di mana perwujudan fisiknya dibentuk arca, biasanya ditempatkan pada bagian dalam bilik candi.

Karena itu, makna candi bisa diartikan sebagai rumah dewa. Dalam keyakinan umat Hindu, candi juga dianggap sebagai lambang gunung suci bernama "Mahameru" di negara India.

Demikian artikel sejarah dan budaya seputar pengertian dan fungsi candi secara umum dilengkapi dengan pendapat para ahli. Artikel ini bisa Anda jadikan referensi untuk membuat makalah, penelitian atau sejenisnya dengan mencantumkan sumber link Berberita.com agar tidak dianggap melakukan plagiasi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Candi Secara Umum Menurut Para Ahli"

Poskan Komentar