10 Manfaat Khasiat Daun Seledri + Cara Mudah Budidaya

Daun seledri punya sejuta manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh. Jenis sayur-sayuran ini rasanya enak jika dicampur dengan berbagai macam masakan seperti sup, bakso, soto, hingga bubur ayam. Bagaimana dengan cara budidaya tanaman seledri?

Tunggu dulu. Redaksi berberita.com akan membahas seputar manfaat dan khasiat daun seledri untuk kebutuhan gizi, nutrisi, termasuk mencegah dan mengobati penyakit dan untuk kecantikan.

Daun seledri selama ini dikenal kalangan kesehatan sebagai sayur yang ampuh dalam menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Khasiat lainnya, seledri bisa mencegah dan mengobati reumatik, peningkat nafsu makan buat si anak, dan hebatnya lagi bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual.

Apa manfaat khasiat daun seledri lainnya? Berikut kami rangkum dalam artikel bernomor untuk memudahkan Anda. Simak!

    gambar daun seledri
  1. Daun seledri berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan Anda karena bisa membantu menurunkan berat badan (BB) berlebih dan kolesterol. Ini karena sayuran hijau ini rendah kalori dan serat tinggi
  2. Antioksidan yang berfungsi mencegah kanker, melindungi tubuh dari risiko sakit dan meningkatkan daya imunitas tubuh
  3. Baik untuk kesehatan mata karena kaya vitamin A
  4. Kaya kandungan gizi dan nutrisi seperti vitamin C, asam folat, niasin dan riboflavin yang baik untuk metabolisme tubuh
  5. Serat makanan yang baik untuk dikonsumsi, cocok untuk diet
  6. Kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan menjaga tulang dari risiko osteoporosis
  7. Vitamin K juga baik untuk tulang
  8. Kalium untuk jantung Anda tetap sehat
  9. Mengandung cairan elektrolit tubuh yang baik untuk atlet olahraga
  10. Menurunkan hipertensi atau tekanan darah supaya ginjal Anda tidak terpacu keras yang pada akhirnya menyehatkan tubuh Anda
  11. Meningkatkan nafsu makan
  12. Meningkatkan gairah seksual

Cara budidaya seledri
Budi daya tanaman seledri sangat mudah. Asal, tempat Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak berlebih dengan tingkat kelembaban yang baik pula.

Ada 2 cara untuk menanam tumbuhan seledri. Pertama dengan cara biji, ini dikenal sebagai generatif. Kedua, cara memisah dari anakan yaitu dikenal dengan vegetatif.

Baik, mari kita coba. Siapkan lahan gembur atau polybag. Ingat! Media tanah harus benar-benar subur, sebaiknya gunakan dari tanah kompos hasil dari sampah tumbuhan.

Beli biji seledri dari toko tanaman. Sebar bibit di lahan atau polybag. Siram pagi dan sore. Jika sudah berumur satu minggu, cukup siram 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Tunggu sampai layak dipetik. Untuk cara vegetatif, pisahkan anakan dari indukan dan tanam lagi di media tanah yang lain. Begitu seterusnya. Mudah sekali, bukan?

Demikian artikel pertanian dan kesehatan seputar 10 manfaat dan khasiat daun seledri plus cara budidaya menanam dengan mudah, gampang dan cepat! Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Manfaat Khasiat Daun Seledri + Cara Mudah Budidaya"

Poskan Komentar