Ini 8 Kekayaan Alam Indonesia Terbesar di Dunia Saat Ini, Selain Hewan

Kekayaan alam Indonesia saat ini selain hewan, sangat melimpah ruah tak terhitung dan tak ternilai harganya jika dibandingkan negara-negara lain di dunia. Mulai dari kekayaan flora fauna, kebudayaan, hingga sumber daya alam (SDA). Selalu menduduki peringat atau rangking terbesar di dunia!

Sebagian besar, kekayaan Indonesia yang ditonjolkan dalam buku-buku mata pelajaran di bangku sekolah seperti SD, SMP, SMA hingga bangku kuliah soal hewan dan tumbuh-tumbuhan. Namun, jarang sekali yang mengkaji bagaimana kekayaan alam negara kita saat ini.

Berikut ulasan dari redaksi Berberita.com tentang 8 kekayaan Indonesia saat ini di mata dunia, selain hewan yang dirangkum dari materi Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa saat memberikan kuliah umum (studium generale), dikutip dari Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Indonesia Palm Oil Buah Tanaman Sawit
Gambar bentuk buah tanaman sawit sebagai kekayaan alam. Foto: Wikipedia

Gas alam
Sedikitnya ada sekitar 165 tcf cadangan dengan tingkat produksi lebih dari 3 TCF per tahun. Dengan kapasitas itu, kekayaan alam Indonesia sangat luar biasa di mata dunia.

Batu bara
Indonesia adalah negara eksportir batu bara terbesar kedua di dunia. Luar biasa. Salah satu kekayaan Indonesia selain hewan paling hebat.

Panas bumi
Nusantara ini punya penyimpanan 40 persen sumber daya dunia. Luar biasa! Dengan angka itu, Indonesia masuk kategori penyimpanan sumber daya dunia terbesar sejagad.

Minyak kelapa sawit
Dengan kapasitas produksi lebih dari 19 juta ton setiap tahun, membuat negara kepulauan Indonesia menjadi eksportir terbesar di dunia!

Kakao
Negara kita mampu memproduksi kakao sebanyak 770 ribu ton per tahun. Dengan kapasitas sebesar itu, Indonesia lagi-lagi dinobatkan menjadi produsen terbesar ke-2 di dunia.

Timah
Negara kita mampu memproduksi 65 ribu ton timah per tahun. Dengan kapasitas produksi itu, Indonesia menjadi negara terbesar ke-2 di dunia untuk urusan timah.

Nikel
Jumlah kekayaan Indonesia saat ini selain hewan, juga kandungan sumber daya alam di bidang nikel. Sebagai pemilik 12 persen cadangan nikel dunia, Indonesia dinobatkan ke-4 terbesar di dunia untuk SDA berupa nikel.

Bauksit
Di internasional, negara kita dikenal sebagai produsen bauksit terbesar ke-4 dunia dengan penyimpanan cadangan terbesar ke-7. Luar biasa!

Demikian artikel 8 kekayaan alam negara kita Indonesia di mata dunia saat ini, selain hewan yang bisa menjadi referensi rujukan bagi Anda yang ingin membuat makalah atau penelitian ilmiah. Referensi diambil dari Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini 8 Kekayaan Alam Indonesia Terbesar di Dunia Saat Ini, Selain Hewan"

Poskan Komentar