Ini Getuk Goreng Sokaraja Paling Enak + Cara Membuat

Getuk goreng sokaraja paling enak bisa kita temui di Kabupaten Banyumas atau Purwokerto. Rasanya yang manit dan legit membuat wisata kuliner Anda di kota ini semakin menyenangkan. Harga getuk goreng asli tidak terlalu mahal dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Sokaraja yang paling mantap.

Singkong memang menjadi olahan khas Nusantara. Kalau di Jepara memiliki rondho royal yang terbuat dari tapai singkong, Banyumas dikenal dengan getuk goreng yang kenikmatannya melegenda. Tepatnya di daerah Sokaraja, Kabupaten Banyumas, getuk goreng ini bisa dijumpai.

Dengan cita rasa yang manis, gurih, dan mengenyangkan, getuk goreng sokaraja cocok sebagai camilan sekaligus pendamping minuman panas, seperti kopi, teh, jahe, dan susu. Di daerah ini, getuk goreng asli Sokaraja Haji Tohirin yang sudah biasa diserbu pemburu wisata kuliner.

Saat musim tahun baru, liburan sekolah, menjelang dan sesudah lebaran, kawasan yang menjadi pusat oleh-oleh di sepanjang Jalan Sudirman Sokaraja banyak diserbu oleh wisatawan yang ingin berburu getuk goreng.

Foto Getuk Goreng Sokaraja Banyumas Purwokerto jakarta
Bentuk getuk goreng asli Sokaraja. Sumber foto: Wikipedia

Meski dibuat tanpa pengawet, kuliner dengan ciri khas dibungkus dengan anyaman bambu atau dikenal dengan besek ini dapat bertahan berapa hari? Yaitu, sepuluh hari. Penggunaan besek sebagai kemasan membuat getuk goreng sokaraja semakin unik, menarik, alami, dan terkesan mempertahankan karakter tradisional.

Selanjutnya, simak artikel resep dan cara membuat getuk goreng asli Sokaraja dari redaksi Berberita.com untuk Anda. Mudah, kok.

Resep cara membuat
Pada dasarnya, getuk goreng asli sokaraja berbahan dasar singkong. Resep dan cara membuatnya, potongan singkong direbus atau dikukus hingga masak, dilumat dan dicampur gula jawa cair hingga tercampur rata. Hasil lumatan singkong tersebut dipotong berbentuk kotak sesuai selera.

Potongan kotak yang lucu ini dimasukkan ke dalam adonan kental yang terbuat dari tepung beras, terigu, air, dan garam. Setelah itu, goreng hingga berbau harum dan berwarna kecoklatan. Getuk goreng sokaraja lebih nikmat disajikan panas dan cocok ditemani dengan berbagai jenis wedang.

Nah, untuk berburu getuk goreng asli sokaraja, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu banyak. Cukup dengan harga Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu, Anda sudah dapat membawa pulang satu besek kecil yang berisi getuk goreng kurang lebih 4 ons. Pun tak perlu susah untuk mendapatkan getuk goreng asli karena dapat dijumpai di berbagai warung, toko, dan pusat oleh-oleh di Sokaraja.

Jika dulu getuk goreng hanya memiliki rasa gula jawa yang sudah menjadi rasa original, sekarang Anda dapat menikmatinya dengan ragam cita rasa, di antaranya cokelat, nangka, durian, dan lain sebagainya. Tak ayal, getuk goreng menjadi oleh-oleh yang paling digemari wisatawan yang berkunjung ke Sokaraja. Nikmat, gurih, dan manis, itu getuk goreng sokaraja!

Saat ini, getuk goreng asli sokaraja bisa dijumpai di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Semarang, Purwokerto dan lain sebagainya. Harga murah meriah, resep dan cara membuatnya mudah, dan rasanya mengguncang dunia! Nikmatnya tahan berapa hari? 10 hari!

0 Response to "Ini Getuk Goreng Sokaraja Paling Enak + Cara Membuat"

Poskan Komentar