6 Cara Menghadapi Pasar Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah kawasan pasar bebas di antara negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Dalam bahasa Inggris, MEA adalah ASEAN Economic Community dengan singkatan AEC di mana negara-negara yang tergabung bisa dengan bebas berjualan, dagang lintas negara dalam satu kawasan bernama ASEAN.

Saat ini, bangsa Indonesia akan segera menghadapi realitas itu. Lantas, apa persiapan, hal-hal atau cara ampuh menghadapi pasar bebas ASEAN?

Dari data yang dihimpun Berberita.com, suatu negara bisa bersaing dengan negara lainnya jika memenuhi sejumlah syarat. Syarat tersebut, antara lain sebagai berikut:

Pasar Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bicara soal MEA.

Sumber daya manusia
SDM dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, cepat dan mampu bersaing. Sumber daya manusia Indonesia ditantang untuk lebih kompeten dalam menghadapi pasar bebas MEA.

Infrastruktur
Poin ini perlu disiapkan untuk mendukung SDM yang kompeten. Tanpa infrastruktur yang baik dan memadahi, kinerja SDM akan terganjal.

Bahasa
Alat untuk menyampaikan informasi adalah bahasa. Karena itu, kita dituntut untuk bisa berbahasa asing, paling tidak bahasa Inggris.

Kualitas produk
Tak dipungkiri, produk yang berkualitas akan menjadi banyak incaran. Tanpa produk yang baik, sepertinya akan sulit untuk berkompetisi. Dalam MEA, kompetisi sudah dipastikan sangat ketat.

Kuantitas produk
Jika kualitas produk sudah terpenuhi, tinggal memikirkan kuantitas produk. Seberapa banyak produk yang bisa dihasilkan, itu juga harus dipersiapkan dalam menghadapi pasar bebas MEA.

Produk berkelanjutan
Jika syarat kualitas dan kuantitas produk sudah terpenuhi, tugas selanjutnya adalah bagaimana produk itu bisa berkesinambungan atau continue. Kenapa? Tanpa adanya kontinyuitas, kita akan gulung tikar karena konsumen segera beralih ke pedagang lain.

Demikian 6 cara ampuh menghadapi pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang harus dipersiapkan masyarakat Indonesia mulai sekarang. Mari kita manfaatkan peluang dan tantangan AEC dengan baik!

0 Response to "6 Cara Menghadapi Pasar Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)"

Poskan Komentar