Inilah 8 Atribut Kota Hijau yang Wajib Anda Ketahui

Ada 8 (delapan) atribut kota hijau yang wajib Anda ketahui untuk mendukung program pengembangan kota hijau (P2KH) atau green city. Hal ini menjadi program Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Lantas, apa saja delapan atribut kota hijau tersebut? Berikut ulasan redaksi Berberita.com yang dihimpun dari data Bappeda. Semoga bermanfaat untuk instansi pemerintahan dan masyarakat dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita kota hijau di lingkungan daerah Anda.

Green planning and design
Atribut pertama ini bertujuan untuk merencanakan, serta merancang dengan beradaptasi pada biofisik kawasan.

Green openspace
Tujuannya meningkatkan kualitas serta kuantitas ruang terbuka hijau (RTH) sesuai dengan karakter kota atau kabupaten dengan target 30 persen. Dengan rincian, 20 persen untuk RTH publik (taman, dll) dan 10 persen RTH privat (rumah, dll).

taman kota ruang terbuka hijau (RTH) publik

Green waste
Berupaya menciptakan nol sampah atau zero waste dengan tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu mengurangi limbah atau sampah, mengembangkan proses daur ulang atau recycle, dan meningkatkan nilai tambah sampah menjadi barang produktif ekonomis.

Green transportation
Menciptakan sistem atau mekanisme transportasi berkelanjutan yang hijau seperti jalur sepeda, transportasi publik, dll.

Green water
Jeli dan hemat memanfaatkan sumber mata air untuk keberlangsungan hidup.

Green energy
Manusia dituntut untuk hemat dalam menggunakan sumber energi secara efisien dan tentunya ramah lingkungan.

Green building
Masyarakat dituntut untuk membuat setiap bangunan, baik rumah, gedung, dan semua bangunan agar hemat energi dan ramah lingkungan. Contohnya, real estate dengan konsep hijau, ventilasi banyak, dan lainnya.

Green community
Ketujuh atribut di atas tanpa didukung dengan adanya masyarakat atau komunitas yang peduli dan punya peran aktif, maka akan susah tercapai. Inilah peran masyarakat dalam mengembangkan atribut kota hijau.

Demikian artikel seputar 8 (delapan) atribut kota hijau wajib Anda ketahui dan pahami yang bisa menjadi rujukan ilmiah untuk membuat makalah tema lingkungan dalam berbagai format, termasuk PDF. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 8 Atribut Kota Hijau yang Wajib Anda Ketahui"

Poskan Komentar