Wisata Kuliner Tape Ketan Khas Muntilan Magelang Yogyakarta

Wisata kuliner di daerah Muntilan, Magelang atau di Yogyakarta, tidak ada salahnya jika mencoba tape ketan. Sebetulnya makanan ini bisa dijumpai di berbagai daerah seperti Kuningan, Cirebon, Banjarmasin, Banjar dan banyak lagi lainnya.

Resep cara membuat tape ketan pun sebetulnya sangat mudah. Tapi, satu hal yang paling penting adalah sentuhan masing-masing orang berbeda, sehingga masing-masing daerah biasanya punya karakter dan keunikan. Tentu, tape ketan khas Muntilan punya karakter dan keunikan yang berbeda dengan Cirebon, Banjar, Kuningan, dan Banjarmasin.

Kembali pada topik tape ketan khas muntilan, pernahkah Anda berkunjung ke Candi Borobudur sebagai objek wisata sejarah yang pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia? Jika iya, tidaak ada salahnya Anda mampir di daerah Muntilan yang berada di kota Magelang.

tape ketan muntilan magelang yogyakarta
Tape ketan khas muntilan. Foto/gambar: Magelang Online

Kenapa? Karena Anda akan disambut cita rasa tape ketan khas Muntilan yang manis dan menyegarkan. Berikut ulasan jalan-jalan wisata kuliner khas redaksi Berberita.com untuk Anda.

Meski tape ketan dapat dijumpai di berbagai kota di Jawa Tengah, tetapi tape ketan muntilan memiliki karakter yang khas. Perpaduan cita rasa yang manis dan sedikit asam, membuat tape ketan muntilan terasa segar saat digigit. Tak hanya itu, air yang berasal dari hasil fermentasi beras ketan begitu segar menyambar lidah.

Tape ketan muntilan berbahan dasar beras ketan yang dimasak menjadi nasi ketan dan ragi. Namun ada beberapa pembuat tape ketan yang menambahkan sedikit gula, daun pandan, atau daun suji. Penambahan bahan tersebut biasanya bertujuan agar tape ketan lebih manis, wangi, dan memberikan warna alami, seperti warna hijau.

Untuk membuat tape ketan berwarna putih, biasanya tak perlu ditambahkan pewarna alami. Nah, jika Anda menemui tape ketan berwarna hitam, warna tersebut berasal dari warna alami beras ketan hitam.

Salah satu pusat oleh-oleh tape ketan muntilan yang dikenal sejak tahun 1935 adalah tape ketan muntilan 181 yang berlokasi di Jalan Pemuda No 181 Muntilan. Dengan merogoh kocek dengan harga Rp 35.000, Anda sudah dapat membawa pulang satu toples ukuran sedang sebagai oleh-oleh khas Muntilan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tape ketan muntilan di berbagai pusat oleh-oleh di Muntilan, Magelang. Manis dan menyegarkan, itulah tape ketan muntilan.

BACA JUGA: Berburu Lentog Tanjung, Kuliner Khas Kudus Kota Kretek

Tape ketan hijau khas muntilan tidak hanya bisa dijumpai di Magelang saja, tetapi juga di sejumlah tempat di Yogyakarta seperti Kotabaru. Kuliner ini akan melengkapi perjalanan wisata Anda di Magelang dan Yogyakarta! Bagaimana dengan yang di Banjar, Cirebon, Kuningan, Banjarmasin? Yuk, berbagi komentar di bawah ini.

0 Response to "Wisata Kuliner Tape Ketan Khas Muntilan Magelang Yogyakarta"

Poskan Komentar