Jelajah Wisata Kuliner Khas Kudus Kota Kretek

KUDUS Kota Kretek, Begitu julukan yang dikenal masyarakat luas akan produk budaya Kudus. Selain itu, situs peninggalan sejarah seperti menara Kudus, makam Sunan Muria, dan Sunan Kudus sebagai tokoh penyebar agama Islam di Nusantara yang dikenal dengan sebutan Walisongo, membuat Kudus banyak dikunjungi peziarah dan wisatawan dari luar kota.

Sambil berwisata religi ke kota Kudus, Jawa Tengah tak ada salahnya melirik masakan khas Kudus sebagai wisata kuliner Anda, yaitu lentog tanjung. Sebelum melirik lentog tanjung, ada beberapa masakan khas Kudus yang bisa menjadi referensi wisata kuliner Anda saat menjelajah di kota kretek ini, seperti soto Kudus, garam asem, jenang Kudus, dan lainnya.

Soto Kudus dan garang asem sudah dikenal dengan rasanya yang nikmat dan gurih, sehingga menjadi menu andalan di setiap warung di pinggiran jalan. Tak hanya itu, manis legit jenang Kudus banyak menjadi incaran bagi wisatawan untuk oleh-oleh.

Wisata Kuliner khas Kudus
Nah, untuk kuliner lentog tanjung, ia memiliki rasa gurih dan “mengenyangkan” sehingga bisa menjadi pilihan wisata kuliner Anda. Sepintas masakan ini serupa dengan lontong yang bisa dijumpai di berbagai daerah.

Namun, lentog tanjung memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri. Perpaduan masakan lontong yang dipotong kecil-kecil, tahu semur, telur, dengan disiram sayur lodeh (nangka muda) bersama taburan bawang goreng tercipta cita rasa kuliner “Kudus” yang “mak nyus”.

Kenapa bernama lentog tanjung? Ada yang mengatakan bahwa kuliner ini berasal dari daerah Tanjung, kecamatan Jati, Kudus, sehingga dinamakan lentog tanjung. Ada juga yang mengatakan penjual “lentog” berasal dari daerah Tanjung.

Untuk menyantap lentog tanjung pun terbilang unik. Pasalnya, cara penyajiannya menggunakan sendok yang terbuat dari daun pisang atau dikenal dengan “suru”. Meski demikian, penjual juga menyediakan sendok berbahan stainless untuk memberikan pilihan.

Anda yang ingin berburu lentog tanjung tidak perlu khawatir untuk mendapatkan kuliner khas Kudus ini. Selain harganya relatif murah, lentog tanjung biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima di Kudus sehingga mudah ditemukan. Untuk menikmati lentog tanjung, Anda cukup merogoh kocek mulai Rp 2.500 hingga Rp 4.000.


Berwisata religi sambil jelajah kuliner di Kabupaten Kudus dengan menyantap nikmatnya lentog tanjung, menarik bukan? Visit Jawa Tengah!

0 Response to "Jelajah Wisata Kuliner Khas Kudus Kota Kretek"

Poskan Komentar