Tips Tidur Berkualitas, Bangun Tidur Bebas Pegal

Berberita.com -- Tidur adalah aktivitas yang berfungsi mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian digunakan untuk bekerja. Dengan tidur, tubuh diharapkan dapat kembali segar, normal, dan bugar. Lalu, bagaimana tips dan cara tidur berkualitas baik agar tidak pegal saat bangun tidur?

Namun tak jarang setelah bangun tidur justru yang didapatkan rasa pegal pada bagian leher, punggung, hingga rasa pusing pada bagian kepala. Karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa kiat berikut untuk mengatasi pegal saat bangun tidur.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa rasa pegal saat bangun tidur diakibatkan kekurangan vitamin B. Lantas, bagaimana jika kita tidak kekurangan vitamin B tetapi masih merasa pegal saat bangun tidur?

tidur berkualitas baik

Tubuh yang diforsir kerja dan terlalu letih akibat posisi duduk atau berdiri selama bekerja dapat membebani otot punggung sehingga menimbulkan rasa pegal saat bangun tidur. Selain itu, posisi tidur yang salah menyebabkan sakit otot (mascular sprain).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satu langkah sederhana yang harus Anda lakukan adalah sesekali membungkukkan punggung ke depan sambil memeluk guling agar otot punggung dapat beristirahat.

Nah, salah satu penyebab rasa pegal yang seringkali dialami setiap orang disebabkan penggunaan peranti tidur yang salah, mulai dari matras hingga bantal. Matras yang sudah tak layak pakai sebaiknya Anda ganti yang baru.

Matras yang kempes akibat termakan waktu tidak dapat menopang tulang punggung secara baik sehingga dapat menyebabkan pegal setelah bangun tidur. Keras tidaknya matras akan membuat tubuh Anda pegal, sebab tubuh membutuhkan alas yang empuk, tebal, dan nyaman untuk menciptakan relaksasi tubuh setelah seharian beraktivitas.

Seperti halnya matras, bantal yang sudah kempes dan tak layak pakai sebaiknya diganti dengan bantal yang lebih empuk, tebal, dan tidak berpotensi menyimpan debu. Meski demikian, ada sebagian orang lebih nyaman dengan bantal yang tidak terlalu empuk untuk meminimalisasi rasa pegal saat bangun tidur.

Oleh karena itu, kenali karakter kenyamanan Anda apakah cocok dengan tipe bantal yang empuk atau tidak terlalu empuk. Yang jelas, jika bantal Anda terlalu keras akan menyebabkan tegang yang berlebihan pada bagian kepala, leher, dan punggung sehingga berpotensi menimbulkan rasa pegal.

Selain peranti tidur, Anda juga harus memperhatikan posisi tubuh saat tidur, antara lain menghindari tidur dalam posisi duduk, tidur hanya saat mengantuk, tempat tidur yang tenang, dan tidak bangun sebelum rasa kantuk dirasa sudah hilang.

Dengan memperhatikan peranti tidur, posisi tidur, dan aktivitas yang tidak memberatkan badan, Anda dapat mengatasi rasa pegal saat bangun tidur. Menurut Anda, bagaimana cara dan tips tidur berkualitas baik agar tidak pegal saat bangun tidur di atas? Selamat mencoba!

0 Response to "Tips Tidur Berkualitas, Bangun Tidur Bebas Pegal"

Poskan Komentar