Tips Posisi Tidur Wanita Hamil Terbaik dan Aman

Posisi tidur wanita hamil harus diperhatikan agar janin atau bayi yang dikandung aman, sehat dan tidak bermasalah. Saat perut wanita mulai membesar karena hamil, posisi tidur yang nyaman dan baik bagi janin menjadi keluhan utama.

Di satu sisi, si ibu ingin tidur bebas sebagaimana saat tidak hamil. Di sisi yang lain, si ibu harus menjaga janin agar tidak bermasalah dengan posisi tidur yang salah. Tak heran jika kebanyakan wanita hamil menjadi serba salah saat tidur. Karena itu, ada beberapa tips dari Berberita.com yang bisa membantu Anda untuk menemukan posisi terbaik saat hamil.

Pertama, menyamping ke kiri. Tidur menyamping ke kiri merupakan posisi yang banyak direkomendasikan dokter saat perut mulai membesar. Posisi tidur seperti ini akan memberikan keuntungan bagi bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang optimal menuju plasenta mengingat adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung.

Posisi Tidur Wanita Hamil
Dengan cara ini pula, risiko pembengkakan pada kaki, pergelangan tangan dan kaki yang seringkali terjadi pada wanita hamil berkurang sebab posisi menyamping ke kiri membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh si ibu.

Selain itu, posisi tidur menyamping akan menghindarkan janin dari tekanan organ sebab hati Anda terletak di bagian kanan perut.

Lantas, bagaimana caranya? Cukup berbaring menyamping ke kiri dengan menekukkan lutut. Agar lebih nyaman, letakkan bantal di antara kaki, bawah punggung, dan bawah perut.

Penelitian juga menyatakan bahwa tidur menyamping ke kiri merupakan posisi tidur terbaik bukan saja disarankan pada wanita hamil, tetapi bagi semua orang.

Jika Anda kurang begitu leluasa dengan pilihan tidur menyamping ke kiri, Anda juga dapat mengganti posisi dengan menyamping ke kanan. Meski tidak banyak disarankan oleh dokter, tetapi cara ini menjadi langkah terbaik saat si ibu mengalami kejenuhan saat tidur menyamping ke kiri.

Kedua, hindari posisi tengkurap dan telentang. Jika Anda terbangun tidur di malam hari ternyata posisi tidur menjadi tengkurap atau telentang, hal ini tidak akan mencelakai janin Anda. Namun apabila hal ini terjadi, sebaiknya Anda kembali ke posisi tidur menyamping ke kiri.

Posisi tidur telentang pada wanita hamil dapat meningkatkan risiko sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan, mengganggu pernafasan dan sirkulasi darah. Sementara itu, posisi tengkurap akan memberikan tekanan yang berlebihan pada perut sehingga posisi ini tidak disarankan bagi wanita hamil.

Saat tidak memungkinkan bagi Anda untuk tidur dengan posisi menyamping, tidur bersandar juga bisa menjadi alternatif. Tumpuk beberapa bantal, tidurlah dengan cara bersandar pada bantal tersebut dan taruh beberapa bantal di bawah lutut.

Nah, untuk memberikan kenyamanan yang lebih pada wanita hamil, sebaiknya manjakan wanita hamil dengan peranti tidur yang lebih nyaman, seperti bantal khusus bagi wanita hamil dan matras yang berkualitas.


Demikian tips posisi tidur wanita hamil terbaik yang aman untuk bayi yang ada di dalam perut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Posisi Tidur Wanita Hamil Terbaik dan Aman"

Poskan Komentar