Tips Memilih Magister Manajemen Paling Tepat

Tips Memilih Magister Manajemen
Memilih magister manajemen tidak semudah yang dibayangkan. Butuh cara, tips dan trik paling tepat agar kita bisa sukses setelah lulus. Yang sering dicari dan diburu, antara lain Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Trisakti, Unpad, Unair, Undip, Institut Pertanian Bogor (IPB), Sanatha Dharma, Binus, Unmul, Untar, Unsyiah, Mercubuana, UPH, USU, Unsoed, Institut Teknologi Bandung (ITB), Unud, Unsri, Maranatha, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Berikut ulasan tips memilih magister manajemen (MM) dari redaksi Berberita.com. Selamat membaca!

Di tengah persaingan sumber daya manusia yang semakin ketat, pendidikan menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Karena itu, tidak mengherankan jika melanjutkan studi ke jenjang magister banyak ditempuh untuk meningkatkan kualitas diri.

Salah satu program magister yang banyak diburu adalah magister manajemen. Pusat data dan analisa TEMPO dalam Panduan Memilih Magister Manajemen (2012) menyebutkan mereka yang sudah bekerja, kuliah pada magister manajemen memiliki manfaat bagi pengembangan diri, mendapat pengetahuan manajemen yang lebih baik, kemampuan bekerja menggunakan skill yang lebih baik, mengasah cara berpikir yang sistematis dan komprehensif, serta melatih dalam setiap pengambilan keputusan secara strategis.

Penelitian yang melibatkan 665 responden dari alumni 22 magister manajemen berakreditasi A tersebut menunjukkan, kuliah pada magister manajemen berperan besar untuk menghasilkan produktivitas kerja yang lebih baik dan menunjukkan prestasi kerja yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan gaji.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas sumber daya manusia dalam hal bekerja, semakin besar pula gaji yang diperoleh. Sementara itu, salah satu jembatan untuk meningkatkan kualitas diri dapat diperoleh dengan belajar manajemen pada jenjang magister.

Kenapa harus magister? Sebab kuliah pada magister diajarkan pada bidang studi yang lebih spesifik dan advance, sehingga hasil yang didapatkan lebih fokus. Selain itu, kalau kuliah S1 lebih menekankan pada aktivitas mempelajari bidang studi yang ditekuni, kuliah S2 lebih fokus pada pengembangan bidang studi. Oleh karena itu, kuliah pada jenjang magister diharapkan melahirkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan memiliki kompetensi keahlian yang lebih advance.

Ada beberapa tips untuk memilih magister manajemen. Pertama, Anda harus tahu lembaga yang akan menjadi tujuan studi. Mengetahui kualitas lembaga tentu akan menentukan mutu pendidikan yang diberikan kepada Anda, misalnya memilih lembaga yang punya akreditasi baik.

Kedua, setelah masuk lembaga tersebut, langkah selanjutnya Anda harus belajar secara total. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang bisa menjadi bekal saat menyandang gelar Magister Manajemen (MM).

Di samping itu, hal yang paling penting saat Anda memutuskan memilih magister manajemen adalah mengetahui apa yang akan Anda dapatkan selama belajar pada program magister manajemen tersebut. Ketahui dengan baik target yang akan Anda capai.

Dengan cara tersebut, Anda bukan saja menyandang gelar magister manajemen, tetapi juga menjadi ahli manajemen yang berkualitas dengan etos kerja yang dapat menjawab tuntutan kebutuhan sumber daya manusia di bidang manajemen. Adapun salah satu lembaga yang menawarkan kuliah pada program magister manajemen, di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Trisakti, Unpad, Unair, Undip, Institut Pertanian Bogor (IPB), Sanatha Dharma, Binus, Unmul, Untar, Unsyiah, Mercubuana, UPH, USU, Unsoed, Institut Teknologi Bandung (ITB), Unud, Unsri, Maranatha, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

0 Response to "Tips Memilih Magister Manajemen Paling Tepat"

Poskan Komentar