Tips Membuat Rak Buku di Rumah Sempit Minimalis

Rak buku di rumah sempit dan minimalis memang butuh kerja ekstra untuk menata dan melakukan desain. Namun, bagaimana jika rumah Anda ternyata sangat mungil, tetapi Anda ingin punya ruang buku di dalamnya? Berikut tips dari Berberita.com untuk Anda.

Punya rumah mungil bukan menjadi penghalang untuk mengoleksi buku-buku kesayangan Anda. Tidak harus membuat ruang perpustakaan atau gudang buku khusus yang dapat menyita ruang kecil Anda, tumpukan buku bisa ditempatkan di mana saja dengan suasana yang nyaman dan indah dipandang mata.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips dan kiat berikut untuk memberikan kreasi pada ruang mungil Anda untuk menciptakan harmoni antara “ruang mungil” dan “ruang buku.”

Rak Buku di Rumah

Salah satu kunci untuk mendapatkan tempat berdiamnya buku adalah dengan memanfaatkan ruang sekecil apapun secara cerdas. Pemanfaatan tersebut bisa dilakukan dengan cara mencari celah dalam rumah, salah satunya ruang bawah tangga, dinding bagian atas, garasi yang tak terpakai, dan salah satu sudut ruang keluarga.

Tak kalah unik, Anda dapat memanfaatkan dinding di setiap rumah Anda dengan membuat rak tanam. Dengan konsep penataan yang rapi, buku-buku Anda justru terkesan menjadi penghias rumah yang unik dan indah.

Selain itu, Anda dapat membuat rak gantung. Cara ini cukup efektif dan tidak terkesan memenuhi ruangan sebab rak gantung tidak menggunakan kaki. Bagian bawah rak gantung dapat dimanfaatkan untuk meletakkan ragam perabot, misalnya sofa, meja telepon, hingga meja belajar.

Rak gantung biasa menggunakan papan datar yang ditopang dengan rel penyangga yang terbuat dari kayu atau alumunium. Dengan begitu, rak gantung menjadi pilihan tepat untuk mengatasi problem rumah mungil Anda yang dihadapkan pada pilihan untuk menyimpan si “jendela ilmu.”

Anda yang tidak punya pilihan untuk membuat rak buku di ruang tamu atau keluarga, cukup dengan memberikan sekat pada ruangan tersebut menggunakan rak cantik yang berisi buku. Selain Anda mendapatkan dua ruang sekaligus, cara ini dapat memanfaatkan ruang mungil Anda untuk membuat perpustakaan mini di rumah Anda. Rak buku di sisi ruang tamu dapat Anda suguhkan dengan koleksi buku-buku yang sesuai untuk tamu.

Sementara itu, rak pada bagian keluarga dapat Anda tampilkan dengan koleksi buku keluarga, seperti komik, novel, dan berbagai buku bacaan ringan lainnya. Alih-alih memanfaatkan ruang yang sempit, rak penyekat ini justru menjadi cara efektif agar tamu betah dengan suguhan buku-buku bacaan sembari menunggu Anda di ruang tamu.

Nah, asumsi lama tentang sulitnya mencari ruang bagi koleksi buku kesayangan di rumah mungil Anda terjawab sudah. Dengan pintar-pintar memanfaatkan ruang yang masih tersisa, Anda bukan saja berhasil menyimpan koleksi buku yang biasa berserakan di kamar atau di gudang, tetapi Anda juga sukses menyulap ruangan dengan tumpukan koleksi buku yang unik dan menawan.


Rak buku di rumah sempit dan minimalis bisa diatasi, bukan? Semua ada solusinya. Asal kita tahu tips dan kiat, serta sedikit lebih kreatif untuk memberikan sentuhan pada rumah kesayangan Anda. Selamat mencoba!

0 Response to "Tips Membuat Rak Buku di Rumah Sempit Minimalis"

Poskan Komentar