5 Tips Manjur Menjaga Kesehatan Pancaroba Pergantian Musim

Tips menjaga kesehatan pancaroba atau pergantian musim paling manjur saat ini adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga cukup, nutrisi atau gizi yang cukup, dan yang paling penting air putih.

Belakangan ini, cuaca seringkali berubah tak menentu. Saat terik matahari begitu menyengat, tiba-tiba mendung tiba dan hujan pun turun. Bahkan, tak jarang hujan turun bersamaan dengan terik matahari. Demikian halnya suhu udara, panas terasa menyengat di siang hari dan dingin menusuk tulang menjelang malam.

Imbasnya, tubuh mudah terserang berbagai penyakit, diantaranya demam, flu, diare, hingga infeksi saluran pernafasan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa langkah, kiat, tips dan cara dari Berberita.com berikut untuk menjaga kesehatan saat pergantian musim tiba.
foto musim pancaroba animasi
Ilustrasi pergantian musim kemarau-penghujan atau pancaroba.

Pertama, istirahat dan olah raga cukup. Tubuh memerlukan fase istirahat antara 6 hingga 8 jam dalam periode satu hari. Dengan istirahat yang cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk berhenti dari kerja berat yang diemban tubuh, sehingga tubuh dapat bekerja secara baik keesokan hari.

Lelah yang berlebihan dibarengi pergantian musim membuat tubuh rentan terserang berbagai penyakit. Selain itu, sempatkan olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh. Setidaknya dibutuhkan tiga kali 30 menit dalam seminggu untuk menggerakaan suluruh tubuh. Olah raga dan istirahat yang cukup menjadi salah satu mekanisme penting untuk menjaga kesehatan.

Kedua, air putih lebih baik. Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari menjadi rekomendasi yang banyak disarankan ahli kesehatan. Air berperan utama untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Untuk itu, air berkualitas justru bersifat netral tanpa ada tambahan berbahan kimia. Tak ayal, air putih menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Ketiga, konsumsi makanan bernutrisi. Makan tiga kali sehari dengan nutrisi yang baik membantu tubuh membentuk “pertahanan” untuk melawan serangan berbagai macam penyakit. Konsumsi seimbang antara karbohidrat, protein, dan vitamin menjadi prioritas utama bagi kebutuhan tubuh. Untuk menjaga kesehatan lebih baik, memperbanyak sayur hijau menjadi pilihan tepat.

Keempat, jaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Hal ini dimulai dengan rajin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, menjaga kebersihan di dalam rumah dan lingkungan sekitar.

Kelima, gunakan masker saat bepergian. Sebagai antisipasi agar terhindar dari bahaya penyakit pancaroba, masker cukup membantu saat Anda perjalanan. Hal ini menghindarkan diri dari debu maupun udara yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan.

Selain itu, konsumsi bahan herbal alami menjadi cara paling efektif untuk menjaga kesehatan saat pergantian musim tiba. Pilihlah multivitamin terutama herbal yang cocok bagi Anda untuk mencegah gangguan flu, batuk, tenggorokan sakit, panas dalam, sariawan, radang gusi, sembelit hingga bau mulut yang biasa melanda tubuh saat musim pancaroba.


Tips menjaga kesehatan pancaroba pergantian musim paling manjur di atas diperoleh redaksi Berberita.com yang dihimpun dari berbagai sumber, salah satunya rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Jaga kesehatan tubuh Anda! Salam sehat, salam bugar!

0 Response to "5 Tips Manjur Menjaga Kesehatan Pancaroba Pergantian Musim"

Poskan Komentar