Tips Cara Menghadapi Debt Collector Paling Ampuh

Tips cara menghadapi debt collector yang nakal, melakukan intimidasi, mengancam, main kasar dan kekerasan, serta merampas sepeda motor, mobil, rumah atau jaminan lainnya sebetulnya sangat mudah. Intinya, Anda harus paham hukum! Begini trik paling jitu dan ampuh!

Sebelumnya, redaksi Berberita.com akan mengulas arti debt collector. Dalam praktikknya, lembaga ini diposisikan sebagai pihak ketiga yang bekerja sama dengan Perusahaan Pembiayaan Kredit atau Leasing.

Ia bertugas menarik barang atau jaminan saat nasabah dinilai melakukan kredit macet. Namun, pengertian tugas dan wewenang debt collector dalam bahasa Inggris diartikan sebagai "penagih hutang".

Sayangnya, arti debt collector kemudian disalahgunakan pihak ketiga itu untuk melakukan intimidasi, menarik jaminan dengan cara kekerasan dan paksaan. Kembali ke topik bahasan, lalu bagaimana cara, tips dan trik menghadapi debt collector paling ampuh?

Berikut hal-hal yang harus dilakukan, yang dihimpun redaksi Berberita.com. Semoga bermanfaat.

Tips Cara Menghadapi Debt Collector Paling Ampuh
Dalam berita: Warga demo di salah satu leasing di Kabupaten Pati Jawa Tengah

Pertama, jangan takut menghadapi mereka. Tanyakan dengan sopan dan baik-baik maksud dan tujuan. Selanjutnya, tanyakan 5 hal wajib yang harus dimiliki debt collector, yaitu:

  1. Identitas pelaksana eksekusi
  2. Surat tugas yang ada keterangan pelaksanaan eksekusi
  3. Salinan akta jaminan fidusia
  4. Salinan sertifikat jaminan fidusia
  5. Surat peringatan kepada Anda selaku debitor dalam memenuhi kewajiban, sebanyak 2 kali peringatan


Jika mereka tidak punya kelima itu, Anda wajib foto wajah mereka semua. Jika mereka main kasar dan kekerasan, laporkan kepada polisi.

Hukum debt collector
Mereka bisa dijerat dengan Pasal 362 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian apabila debt collector mengambil paksa sepeda motor, mobil, rumah atau jaminan Anda.

Jika mereka melakukan kekerasan, mereka bisa dijerat dengan Pasal 365 ayat 1 KUHP.

Saat ini, Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pengamanan Eksekusi Jaminan Fidusia sudah bisa menjamin Anda bebas dari debt collector nakal. Semua penarikan dan penyitaan harus sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang dikawal dengan pihak kepolisian, tidak dengan cara premanisme.

Demikian cara tips trik melawan menghadapi debt collector paling jitu dan ampuh! Sebagai catatan, kalau sedang kredit sebaiknya bayarlah pihak pembiayaan (finance) dengan baik sehingga bebas dari hal-hal yang berkaitan dengan hukum.

0 Response to "Tips Cara Menghadapi Debt Collector Paling Ampuh"

Poskan Komentar