Berburu Swike Khas Purwodadi Plus Resep Cara Membuat

Berberita.com - Jika Anda berkunjung atau wisata di kota Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Purwodadi yang sudah dikenal kelezatannya, yaitu swike kodok. Oleh sejumlah umat Islam, hewan ini haram sehingga tidak boleh dimakan. Namun, sejumlah kalangan juga meyakini bahwa kuliner swike halal.

Kuliner yang menawarkan rasa dominan gurih ini merupakan masakan ala China yang banyak dijajakan di berbagai warung, mulai dari warung makan kaki lima, rumahan, hingga restoran.

Resep cara membuat swike diolah dari bahan utama paha kodok dan bumbu tauco. Dengan taburan bawang goreng dan kucai, menjadikan swike memiliki cita rasa yang khas. Irisan kucai kecil-kecil ini selain ditaburkan, bisa juga dimasak bersamaan dengan paha kodok atau katak.

Bahkan, cita rasa bumbu khas swike yang gurih ini banyak dijadikan resep untuk mengolah masakan berbahan selain kodok, seperti ayam, ikan, tahu, dan lainnya. Berikut ulasannya dari Berberita.com untuk Anda!

foto gambar swike kodok

Cara membuat resep swike
Namun jangan salah untuk mengolah atau membuat resep swike, karena tidak semua kodok dapat dimasak. Kodok yang digunakan sebagai bahan utama swike adalah kodok hijau atau kodok sawah. Sementara itu, bagian kodok yang diolah biasanya diambil dari paha, tidak termasuk badan dan kepala.

Sebagai penyedap, tak jarang lidah kodok juga ditambahkan dalam racikan. Pepes telur kodok juga disediakan bagi pengunjung untuk melengkapi nikmatnya menyantap swike. Untuk menghasilkan cita rasa yang gurih dan  mengenyangkan, nasi putih siap menemani santapan swike Anda.

Selain bisa ditemukan di Purwodadi, swike juga bisa dijumpai di berbagai kota besar, seperti Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Mengenai kocek yang harus dikeluarkan untuk menyantap swike di daerah Purwodadi sangat beragam, yaitu mulai Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Namun, jika Anda menyantap swike di restoran kota-kota besar, Anda harus rela merogoh kocek antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per porsi.

Anda yang memiliki hobi wisata kuliner, tentu lebih suka menjelajah dan berburu swike. Namun, Anda yang suka memasak, cara membuat swike cukup mudah. Bawang putih dan jahe ditumis. Sambil memasukkan tauco ke dalam tumisan, tambahkan kecap manis, kucai, dan paha kodok.

Setelah itu, masukkan air dan diamkan beberapa menit, lalu sedikit garam dan gula campurkan ke dalamnya. Untuk menambah aroma, Anda bisa menaburi bawang goreng, tomat, atau pelengkap lain sesuai selera Anda. Cukup mudah bukan?


Sejumlah kalangan yang tidak makan katak karena meragukan halal atau haram, biasanya mengganti resep dengan ayam. Cara membuat swike sama dengan berbahan kodok, tetapi bahan utamanya diganti dengan ayam. Bagaimana, mau mencoba? Selamat wisata kuliner di Purwodadi!

0 Response to "Berburu Swike Khas Purwodadi Plus Resep Cara Membuat"

Poskan Komentar