Robot Tercanggih di Dunia Akan Temani Anda Belanja

Robot tercanggih di dunia mungkin boleh disematkan untuk Robovie, mesin mirip manusia yang bertugas mengantar Anda belanja di mall atau pusat perbelanjaan di Jepang. Namun, penelitian dan teknologi robot terus mengalami kemajuan.

Dengan begitu, nampaknya susah bagi kita untuk mencari robot tercanggih di dunia karena ilmu pengetahuan dan teknologi mesin selalu maju dan berkembang dari tahun ke tahun. Lalu, apa sih Robovie yang sempat menggegerkan warga Jepang ini? Simak ulasan dari berberita.com untuk Anda.

Belanja adalah aktivitas yang digemari siapa saja, terutama bagi kaum hawa. Namun aktivitas belanja acapkali membuat kita mudah lelah mengingat barang belanjaan yang kita beli tidak sedikit. Apalagi bagi kalangan ibu-ibu di atas 50 tahun, belanja di pusat perbelanjaan yang luas membuat aktivitas belanja tidak sesuai yang diharapkan: maksud hati memborong banyak barang belanjaan.

Robot Tercanggih di Dunia
Robovie, robot tercanggih. FOTO: metro.co.uk

Namun, apa daya tubuh kadang menuntut kita untuk segera beristirahat. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, sebuah lembaga Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) di Jepang tengah mengembangkan robot yang siap membantu aktivitas belanja Anda.

Adalah Robovie, robot rancangan ATR ini sengaja didesain untuk setia menemani aktivitas berbelanja Anda, seperti membawa barang belanjaan, hingga memberikan rekomendasi barang apa saja yang Anda butuhkan. Canggih sekali, bukan? Sayangnya, robot jenius ini belum ada di berbagai supermarket yang Anda kunjungi, sebab untuk sementara Robovie bekerja sebagai asisten belanja di supermarket Apita-Seikadai di Kyoto.

Yang lebih menakjubkan, Robovie dapat memahami secara nirkabel daftar barang-barang yang ingin Anda belanjakan. Karena itu, tidak mengherankan jika Robovie selain sebagai teman setia dalam membawa barang belanjaan Anda, ia juga dapat memberikan saran terhadap berbagai jenis barang yang Anda butuhkan.

Robovie yang merupakan prototipe kedua ini, pernah diuji coba dengan menemani wanita berumur 67 tahun berkeliling di pusat perbelanjaan sembari membawakan keranjang belanjaan. Bahkan, Robovie dapat berbicara kepada wanita bahwa buah yang dibawanya sangat lezat. Robovie pun menyarankan kepada wanita tersebut untuk membeli daun selada.

Kini, Robovie besutan ATR ini tengah dikembangkan dalam beberapa mesin dengan fungsi yang berbeda. Ada yang bertugas sebagai monitor untuk memantau pengunjung yang tersesat di tengah kerumunan para pengunjung lainnya.

Sementara itu, Robovie jenis lain dijual bentuk miniaturnya untuk para kolektor yang ingin mengoleksi robot jenis humanoid seperti Robovie. Fantastis, kapan robot tercanggih di dunia Robovie ini mampir ke Indonesia?

0 Response to "Robot Tercanggih di Dunia Akan Temani Anda Belanja"

Poskan Komentar