Pengertian dan Manfaat Pertanian Tanaman Organik

Tanaman organik saat ini sudah mulai menjadi trend pertanian di Indonesia. Namun, masih belum banyak yang tahu: Apa pengertian dan manfaat tanaman organik?

Untuk menjawab pertanyaan itu, redaksi berberita.com melakukan wawancara dengan Muslikun, petani dan pegiat tanaman organik di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Berikut hasil wawancaranya.

Pengertian organik
Pertanian organik, berarti menggunakan cara bertani tanaman dengan sistem alami tanpa melibatkan bahan kimia. Mulai dari pupuk, pestisida dan perawatan semuanya tidak menggunakan bahan kimia.

gambar tanaman organik sayur sawi
Dalam definisi yang lebih ekstrem, salah satu pengusaha makanan organik asal Semarang kepada berberita.com sempat mengatakan, tanaman organik itu bukan hanya soal pupuk dan pestisida yang alami, tetapi juga tempatnya bebas dari polusi, baik polusi udara, air maupun tanah.

Karena itu, redaksi berberita.com kemudian menyimpulkan dengan kalimat, pertanian organik adalah cara bertani tanpa menggunakan bahan kimia di lingkungan yang bebas polusi. Semuanya harus alami.

Manfaat
Makan sayur-sayuran dan buah-buahan serta segala macam makanan dan minuman yang dihasilkan dari pertanian organik menghindarkan manusia dari penyakit degeneratif yang mengerikan.

Ada sekitar 50 jenis-jenis penyakit degeneratif, salah satunya penyakit jantung, diabetes (kencing manis), stroke, kanker, dan lain sebagainya.

Secara terperinci, berikut manfaat makan sayuran dan buah organik.

  1. Punya kandungan gizi tinggi dan bebas dari bahan kimia penyebab penyakit
  2. Sayur dan buah lebih segar, alami dan tahan lama
  3. Baik untuk kesehatan dan perkembangan anak
  4. Kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  5. Meningkatan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit
  6. Lingkungan sehat dan bebas polusi serta pencemaran


BACA JUGA: Pengertian dan Cara Menanam Tumbuhan Hidroponik dengan Mudah

Demikian pengertian dan manfaat pertanian tanaman organik yang saat ini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan para petani di Indonesia dengan kalimat GO ORGANIK!

1 Response to "Pengertian dan Manfaat Pertanian Tanaman Organik"