Pengertian Hidroponik dan Cara Menanamnya Mudah!

Pengertian Hidroponik dan Cara Menanamnya Mudah
Hidroponik adalah cara penanaman penghijauan di dalam media air. Pengertian ini merujuk pada media tanam tanpa melibatkan tanah, tetapi hanya memanfaatkan air. Sistemnya sederhana dan mudah.

Sekarang ini, banyak sekali warga yang tinggal di perkotaan dan perumahan dengan rumah yang sempit dan tidak punya lahan menanam tanaman dengan sistem hidroponik. Biasanya menggunakan pipa yang dialiri air mengalir ditempel di dinding-dinding rumah.

Hidroponik sangat populer di Negara Jepang dan di Indonesia mulai populer sejak 2013 lalu. Dalam perkembangannya, berbagai komunitas hidroponik bermunculan di berbagai daerah, mulai Jakarta, Jogja (Yogyakarta), Surabaya, Semarang, Pati, Kudus Jawa Tengah, Kediri, Balikpapan, Lampung, Jember, Lumajang, Magelang, Wonogiri, Bandung, Banjarmasin dan lain sebagainya.

Tumbuhan yang ditanam pun banyak baik sayuran maupun buah-buahan, mulai dari hidroponik jahe merah, jagung, kaktus, kentang, kapas, ketapang, kacang hijau, lombok, cabe, lidah buaya, lada, melon, mentimun, slada, mentimun, bunga mawar, tomat, sawi, strawberry, ubi jalar, tanaman hias, kangkung, wortel, dan lainnya.

Cara menanam
Meskipun hanya menggunakan air, tetapi biasanya menggunakan media tanam. Mulai dari spons, rockwool, spons, pasir, kerikil, perlite, sabut, arang sekam. Silakan pilih salah satu. Media tanam fungsinya sebagai penyangga.

Banyak sistem untuk menanam dengan cara hidroponik. Misalnya sistem wick dengan kondisi air tergenang. Prinsip NFT adalah tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga nutrisi dan oksigen bisa tercukupi.

Untuk rakit apung, sistem ini dengan cara menancapkan tanaman pada lubang styrofoam yang mengapung di atas permukaan larutan nutrisi dalam bak penampung atau kolam sehingga akar terendam larutan nutrisi.

Demikian pengertian hidroponik dan cara menanamnya dengan mudah, sederhana, efektif, efisien dan cepat. Pada dasarnya, media tanah diganti menggunakan air.

0 Response to "Pengertian Hidroponik dan Cara Menanamnya Mudah!"

Poskan Komentar