Pengertian Asuransi dan Jenis Syariah, Jiwa, Kesehatan, Kendaraan Bermotor

Pengertian asuransi adalah sebuah mekanisme proteksi dari risiko kerugian keuangan dengan cara mengalihkan resiko itu kepada pihak lain yang dalam hal ini lembaga pengelola asuransi. Jenisnya bermacam, mulai dari asuransi jiwa, syariah, kesehatan, kendaraan bermotor dan lainnya.

Jika Anda masih kesulitan memaknai apa itu asuransi, lebih mudahnya redasi Berberita.com akan membuat artikel singkat dan mudah. Begini: Anda membayar uang kepada lembaga pengelola asuransi untuk mendapatkan perlindungan atau proteksi keuangan dari sesuatu yang menjadi perjanjian di awal.

Misalnya, Anda sudah bayar setiap bulan kepada lembaga asuransi (seperti Prudential, AXA Mandiri, Generalli, Manulife, Sinarmas, ACA, Jasindo, Abda, Mobil Autocillin, Sequislife, Ramayana, Bumiputera, Indrapura, avrist, Allianz Indonesia dan sebagainya).
Pengertian Asuransi Jenis jenis asuransi Syariah, Jiwa, Kesehatan, Kendaraan Bermotor
Ilustrasi proteksi asuransi. Foto: SHUTTERSTOCK/Kompas.com

Ketika Anda mengalami sesuatu yang sudah diperjanjikan seperti pendidikan, kesehatan, jiwa, kecelakaan dan lainnya, maka Anda mendapatkan biaya dari pihak lembaga asuransi sesuai perjanjian.

Karena itu, jika Anda hendak memilih asuransi, cermati dan teliti akad perjanjian karena itu menyangkut keberlanjutan ke depan. Dengan demikian, tidak ada kata penipuan di kemudian hari.

Pengertian asuransi dalam hukum
Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Pasal 246, asuransi adalah perjanjian di mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada pihak tertanggung dengan menerima premi untuk memberikan pergantian yang disebabkan ada kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan atas peristiwa tertentu.

Lalu, apa itu pengertian asuransi syariah, jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor, pendidikan? Itu merupakan jenis-jenis asuransi.

Syariah, berarti setiap akadnya berlandaskan syariat Islam, bukan konvensional. Sedangkan jiwa, berarti yang ditanggung perusahaan menyangkut soal jiwa, demikian juga kesehatan, kendaraan bermotor dan pendidikan.

Jika Anda ambil jenis asuransi kesehatan, maka yang dapat Anda klaim adalah soal kesehatan. Tidak bisa Anda ambil jenis kesehatan, tiba-tiba mobil Anda rusak meminta ganti atau klaim. Pasalnya, klaim sesuai dengan akad atau jenis asuransi yang Anda pilih.

BACA JUGA: 7 Trik dan Cara Menghindari Penipuan Asuransi

Demikian pengertian asuransi dan beberapa jenis-jenis, mulai dari syariah, jiwa, kesehatan dan kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Asuransi dan Jenis Syariah, Jiwa, Kesehatan, Kendaraan Bermotor"

Poskan Komentar