Mengenal Manfaat Beras Warna Warni, Merah Hitam Coklat Pink

Beras warna warni seperti beras merah (red rice), hitam (black rice), coklat (brown) dan merah muda (pink) bukan beras yang dicat atau diberi pewarna, tetapi memang ditemukan di sejumlah tempat dengan varietas tertentu. Lantas, apa manfaat beras warna-warni tersebut? Simak ulasan Berberita.com untuk Anda!

Tuntutan gaya hidup sehat biasa diperoleh dengan membayar mahal. Bahkan untuk menghindari konsumsi beras bagi orang yang tengah menjalani diet tertentu, tak jarang orang menggantinya dengan biji-bijian impor dengan biaya yang fantastis.

Padahal jika kita cerdas memanfaatkan sumber yang ada, Indonesia dengan segala kekayaan alamnya menyediakan ragam makanan alami yang menyehatkan. Salah satu di antaranya adalah beras “warna-warni” alami seperti beras merah (red rice), beras hitam (black rice), beras coklat (brown rice), dan beras merah muda (pink rice).

beras hitam
Beras hitam/black rice. Foto: cbsnews.com

Beras hitam dengan segala kebaikannya pernah menjadi “beras terlarang” (forbidden rice) di China. Bukan berarti beras hitam berbahaya untuk dikonsumsi, melainkan hanya boleh dikonsumsi oleh kalangan istana mengingat beras hitam kaya akan nutrisi dan menyimpan khasiat untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian Zhimin Xu dari University of Agricultural Center, Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat, beras hitam mengandung serat, vitamin E, dan antioksidan yang tinggi dengan kandungan sedikit gula.

Mengenai khasiat, banyak orang mengonsumsi beras hitam untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker, memperlambat penuaan dini, membersihkan kolesterol, mencegah anemia, mencegah penyakit jantung, dan berbagai khasiat lainnya. Tak ayal beras hitam banyak diburu untuk keperluan diet, pengobatan, hingga perawatan setelah sembuh dari sakit.


Sementara itu, beras merah, coklat, dan pink banyak dimanfaatkan untuk keperluan diet menguruskan badan, meningkatkan daya tahan tubuh, kecantikan kulit, mengobati maag, serta mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, kolesterol, asam urat, hipertensi, ginjal, dan sebagainya.

Meski demikian, berburu beras “warna-warni” disarankan di tempat yang terjamin dan mendapatkan sertifikat dari pemerintah. Dengan begitu, beras “warna-warni” yang kita beli benar-benar alami dan sehat.

0 Response to "Mengenal Manfaat Beras Warna Warni, Merah Hitam Coklat Pink"

Poskan Komentar