Martabak Lebaksiu Khas Tegal, Rasa Indonesia Disukai Dunia

Martabak lebaksiu khas Tegal sudah menjamur dan bisa dijumpai di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Rasanya yang gurih dan menggoda, membuat martabak ini disukai sejumlah warga di berbagai belahan dunia. Berikut ulasan dari Berberita.com untuk Anda.

Jika Anda pernah membeli martabak isi telur yang dijajakan di setiap pinggiran jalan, tak salah lagi Anda sedang menikmati martabak lebaksiu khas Tegal. Meski martabak lebaksiu identik dengan makanan lokal, tetapi martabak yang beraroma gurih ini telah melalang buana menjelajah Nusantara dan mancanegara, seperti Malaysia, Timor Timur, hingga Arab Saudi. Tak heran jika di berbagai kota besar di Indonesia banyak ditemukan martabak lebaksiu.

Rasanya yang gurih pas dengan lidah orang Nusantara, membuat martabak lebaksiu digemari semua kalangan. Nah, terkait dengan asal-usul sejarah martabak lebaksiu kabarnya diperkenalkan oleh seorang pemuda asal India yang bertemu dengan pemuda asal Desa Lebaksiu, Tegal pada tahun 1930.

Martabak Lebaksiu Khas Tegal

Pertemuan kedua pemuda dalam suatu perayaan besar di Semarang inilah yang menjadi cikal bakal menyebarnya martabak lebaksiu di seluruh penjuru Nusantara. Dalam perkembangannya, martabak lebaksiu tak hanya dibuat dengan rasa gurih, tetapi juga rasa manis yang banyak dikenal masyarakat dengan sebutan martabak terang bulan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep martabak lebaksiu, antara lain tepung terigu, telur, dan daging cincang. Pada bagian kulit terbuat dari tepung terigu dan telur. Sementara itu, pada bagian isi dibuat dengan kombinasi telur, daging cincang, dan bawang putih sebagai bumbu. Ada juga yang menambahkan daun bawang atau onclang yang diiris halus.

Untuk memberikan kualitas rasa yang lebih mantap, penjual biasa menggunakan telur itik atau telur bebek sebagai pengganti telur ayam. Cara membuat dan resep martabak ini memang terbilang cukup mudah. Namun, jika tidak jeli bisa gagal dalam membuat martabak lebaksiu.

Untuk mendapatkan martabak lebaksiu, Anda bisa menjumpainya di berbagai kota di seluruh Indonesia. Biasanya martabak lebaksiu dijajakan di pinggir jalan, keramaian kota, hingga di depan toko atau swalayan.

Cukup dengan kocek Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per loyang, Anda sudah dapat menikmati gurihnya martabak lebaksiu. Tingkat harga biasanya menyesuaikan kualitas martabak, seperti martabak biasa atau martabak spesial dengan dua telur atau daging cincang lebih banyak.

Meski makanan ini mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia, tetapi belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung langsung di daerah asal martabak ini dibuat, yaitu Desa Lebaksiu, Tegal. Di desa ini sebagian besar penduduknya menjual martabak lebaksiu, baik di rumah sendiri maupun berjualan di kota lain.


Karena itu, belanja oleh-oleh martabak lebaksiu menjadi rekomendasi bagi Anda yang berwisata di Kota Bahari Tegal, Jawa Tengah. Benar-benar kuliner rasa Indonesia, disukai dunia! Bagaimana dengan Anda?

0 Response to "Martabak Lebaksiu Khas Tegal, Rasa Indonesia Disukai Dunia"

Poskan Komentar