Manisnya Wingko Babat Oleh-Oleh Khas Semarang

Berberita.com - Menyusuri kota Semarang tidak lepas dari keindahan pesona bangunan tua peninggalan Belanda. Mulai dari Lawang Sewu, Stasiun Tawang, hingga Gereja Blenduk yang terdapat di kawasan Kota Lama. Namun keindahan bangunan tua tersebut menjadi kurang lengkap jika tidak ditemani dengan oleh-oleh jajanan khas Semarang yang memiliki cita rasa manis legit, yaitu wingko babat.

Wingko babat berbentuk bulat pipih yang terbuat dari bahan dasar kelapa, gula pasir, dan tepung ketan. Parutan kelapa dan santan yang dicampurkan ke dalam adonan memberikan cita rasa yang gurih. Sementara itu, gula pasir menciptakan kualitas rasa yang manis legit.

Tekstur wingko yang empuk, kenyal, dan sedikit memberikan kesan lengket berasal dari tepung ketan. Perpaduan cita rasa kelapa, gula, dan tepung ketan pada wingko “menyihir” pencinta kuliner sehingga menimbulkan kesan “ketagihan” pada gigitan pertama dan selanjutnya.

wingko babat

Terkait dengan nama, “babat” diambil dari sebuah kecamatan di daerah Lamongan, Jawa Timur. Konon, wingko babat dibuat pertama kali di daerah Babat, namun sekarang justru populer sebagai oleh-oleh khas kota Semarang. Meski pada umumnya wingko babat dibuat dalam ukuran sekali gigit, tetapi banyak pula wingko babat yang dijumpai dalam ukuran besar.

Cara penyajiannya pun unik, satu wingko besar diiris ke dalam beberapa bagian sebelum disajikan bersama minuman panas, seperti wedang kopi, susu, jahe, teh, dan sebagainya. Lantaran wingko babat memiliki rasa yang manis, wedang kopi pahit biasa menjadi teman setia sembari menikmati keindahan pemandangan kota Semarang.

Untuk mendapatkan wingko babat, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu banyak. Cukup dengan Rp 1.300 hingga Rp 2.600 per potong, Anda sudah dapat menikmati gurih wanginya wingko babat dengan berbagai merek yang di tawarkan di berbagai pusat oleh-oleh di Semarang.


Salah satu rekomendasi wingko babat khas Semarang adalah Wingko Babad Cap Kereta Api yang terdapat di Jalan Cendrawasih No 14 Semarang, Wingko Babat Cap Tiga Kelapa Muda di Jalan Gajah Mungkur Semarang, dan Wingko Babat Dyriana yang berlokasi di Jalan Pandanaran 51A Semarang. Manis legit, gurih, wangi, dan membuat Anda ketagihan, itulah wingko babat.

1 Response to "Manisnya Wingko Babat Oleh-Oleh Khas Semarang"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Manisnya Wingko Babat Oleh-Oleh Khas Semarang " .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

    BalasHapus