Lampu Bio Light Bakteri, Lampu Masa Depan

Berberita.com - Pengetahuan manusia selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Sejak ditemukannya lampu bola pijar oleh Thomas Alva Edison pada 1879, selama berabad-abad lamanya manusia seantero dunia menikmati penemuan jenius ini sebagai sumber cahaya.

Seiring perkembangan zaman, manusia dituntut untuk “ramah lingkungan” di segala bidang kehidupan, termasuk penggunaan lampu. Mengingat hal tersebut, pencahayaan pun dituntut untuk memanfaatkan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Namun, pernahkah Anda berpikir jika bakteri yang selama ini dikenal merugikan manusia justru menjadi sumber pelita? Berikut ulasan khas redaksi Berberita.com bagian teknologi.

Lampu Bio Light Bakteri, Lampu Masa Depan
Lampu bio masa depan. Foto/gambar: dailymail.co.uk

Philip, sebuah perusahaan elektronik berbasis di Belanda mengembangkan teknologi lampu yang memanfaatkan sumber energi bio, yaitu bakteri. Philip memanfaatkan bakteri sebagai sumber cahaya alami (bio light) sehingga dengan terobosan ini dapat mendaur ulang energi yang dikonsumsi dalam rumah tangga.

Cara kerja dari penemuan lampu bio ini adalah dengan mengisikan bakteri bioluminescent pada sebuah botol kaca. Pada saat metan merah dipompakan ke dalam botol kaca dan bakteri tersebut memakan metan merah, muncul cahaya pijar  berwarna hijau yang indah.

Dengan memanfaatkan energi cahaya dari sumber bakteri, teknologi lampu bio menjadi pendukung gerakan “kembali ke alam” yang dicanangkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, lampu bio merupakan salah satu bentuk kontribusi penting dalam penggunaan sumber energi yang berkelanjutan.

Tak hanya itu, lampu bio merupakan sumber energi cahaya yang murah. Pasalnya, untuk menghasilkan sumber cahaya tidak memerlukan aliran listrik, melainkan menggunakan bakteri yang diperoleh di sekitar rumah.

Namun, Philip menjelaskan, lampu bio lebih sesuai untuk lampu hias ketimbang pencahayaan multifungsi, sehingga belum bisa dikembangkan secara menyeluruh pada penggunaan sumber cahaya.


Penggunaan konsep lampu bio juga memungkinkan untuk menciptakan tanaman yang dapat mengeluarkan cahaya untuk menerangi tepi jalan. Dengan teknologi bio light ini, bukan mustahil jika suatu saat lingkungan Anda akan diterangi cahaya indah dari bakteri. Menarik bukan?

0 Response to "Lampu Bio Light Bakteri, Lampu Masa Depan"

Poskan Komentar