Mengintip Komputer Masa Depan, Akan Seperti Apa?

Komputer masa depan akan seperti apa? Demikian sejumlah pertanyaan dari penikmat gadget, sedangkan peneliti dan ilmuwan saat ini terus mengembangkan teknologi agar komputer semakin canggih, mudah, praktis, efektif dan efisien sesuai tuntutan zaman.

Komputer masa depan yang diharapkan masyarakat tentu memiliki dampak positif bagi perkembangan peradaban manusia itu sendiri. Kemudahan dan efektivitas tentu selalu menjadi idaman. Bisa jadi, komputer yang bisa terkoneksi dengan alam pikiran manusia menjadi harapan masyarakat paling tinggi. Kalau ini bisa terjadi, dunia akan semakin praktis!

Tahun 2020 saja, masyarakat banyak yang bertanya-tanya: komputer akan seperti apa? Sejumlah ilmuwan dan pakar teknologi mencoba untuk menyajikan satu konsep komputer yang simpel, praktis dan efisien. Salah satunya, berbentuk pulpen. Inilah yang akan dibahas redaksi bagian teknologi Berberita.com untuk Anda. Mari kita intip!
komputer masa depan
Ilustrasi komputer masa depan model spider. Foto/gambar: itechfuture.com

Diakui atau tidak, komputer banyak memengaruhi kehidupan kita, sebab komputer telah menjadi kebutuhan “wajib” di segala profesi dan generasi. Dari masa ke masa, perkembangan komputer selalu mengalami perubahan yang unik. Mulai komputer “duduk” dengan segala kecanggihannya, menyusul generasi “laptop” untuk menjawab mobilitas manusia, hingga muncul “tablet” yang jauh lebih praktis.

Perkembangan komputer memang tidak ada habisnya. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa komputer dapat dimasukkan dalam saku baju atau kotak pensil? Mustahil bukan?

Inilah gambaran komputer masa depan yang diperkenalkan NEC Corporation yang berbasis di Tokyo, Jepang. Pada tahun 2003, Jenewa mengadakan “The ITU Telecom Word Exhibition” yang memamerkan prototipe P-ISM, yaitu komputer generasi masa depan berbentuk pena yang diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 300 juta.

P-ISM merupakan paket komputer yang terdiri dari lima pena dengan fungsi masing-masing. Pena pertama berfungsi sebagai CPU dengan ponsel bergaya pena yang memasukkan data menggunakan tulisan tangan. Pena kedua adalah keyboard model virtual menggunakan cahaya laser yang dipancarkan dari pena. Keyboard virtual bekerja pada setiap permukaan datar yang menggunakan kamera untuk melacak gerakan jari.

Seperti halnya pena kedua, pena ketiga berfungsi sebagai proyektor yang memanfatkan teknologi laser dan infra merah. Pena keempat berperan sebagai kamera, dan pena kelima adalah “personal ID password” yang berfungsi sebagai identitas pemilik sehingga tidak dapat diakses orang lain tanpa sepengetahuan pemilik.

Sayangnya, “prototipe” komputer canggih ini belum tersedia untuk dipasarkan di toko. Konsep komputer masa depan di tengah ramainya perbincangan soal PC ini seolah membongkar asumsi lama yang mengatakan bahwa komputer model laptop “layar dan keyboard” akan bertahan lama. Pun “pena” komputer ini memilih untuk kembali ke peradaban masa lalu bahwa pena dan kertas adalah simbol komunikasi manusia.


Komputer masa depan akan seperti apa? Masih bertanya soal itu? Komputer berbentuk pulpen jawabannya! Sampai saat ini, itulah teknologi tercanggih yang masih dalam bentuk konsep atau kerangka para ilmuwan. Apakah konsep tersebut bisa direalisasikan pada tahun 2020? Tunggu saja!

0 Response to "Mengintip Komputer Masa Depan, Akan Seperti Apa?"

Poskan Komentar