Ini Masakan Kuliner Khas dari Rembang Paling Mantap

Kuliner khas Rembang, Jawa Tengah memang tidak setenar dan terkenal seperti daerah-daerah lain di Indonesia. Namun, ada satu masakan khas yang membuat redaksi Berberita.com mengacungi jempol. Rasanya gurih, mantap dan nikmat! Simak ulasannya.

Siapa tidak kenal dengan masakan khas Nusantara berupa lontong bercampur opor ayam? Ya, masakan ini dapat dijumpai di berbagai daerah seantero negeri. Namun ada yang berbeda ketika Anda berkunjung ke kota Rembang dan menikmati lontong tuyuhan. Meski pada dasarnya sama dengan lontong opor ayam pada umumnya, lontong tuyuhan menyimpan cita rasa menggoda yang lebih unik, baik dari segi rasa, proses pembuatan, maupun penyajian.

Berbicara soal rasa, lontong tuyuhan menawarkan sensasi lebih pedas di lidah ketimbang lontong opor ayam biasa. Santan kental yang mendominasi kuah lontong tuyuhan menciptakan kualitas rasa yang gurih nikmat berpadu manis.

Masakan Kuliner Khas Rembang Jawa Tengah

Saat Anda menyeruput kuahnya yang kental, mulut Anda akan disambut nuansa pedas dan gurih yang berasal dari perpaduan cabe rawit, kemiri, dan santan. Belum lagi saat Anda menyantap irisan lontong yang lembut dan pas di mulut bersama dengan beberapa gigit daging ayam, kesempurnaan cita rasa lontong tuyuhan segera menyambar lidah dan Anda akan mengatakan, “Mak nyus!”

Sebutan “tuyuhan” sendiri berasal dari nama Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Rembang. Dari cerita tutur di masyarakat, resep lontong tuyuhan diwariskan dari generasi ke generasi dari leluhur desa Tuyuhan dan hingga kini menjadi kuliner khas kota Rembang yang menggugah selera.

Tak ayal, Anda dapat menemui penjual lontong tuyuhan di berbagai lokasi di seluruh kota Rembang, mulai penjual keliling, warung tenda, hingga restoran. Bahkan, Anda juga dapat menjumpai lontong tuyuhan di berbagai kota besar, salah satunya di Semarang.

Untuk menikmati gurih pedasnya lontong tuyuhan, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu besar. Dengan kisaran harga mulai Rp 7.000 hingga Rp 10.000, Anda sudah dapat menyantapnya di tempat. Agar lebih gurih, Anda dapat menaburkan bawang goreng di atas sajian dan disantap bersama pelengkap lain, seperti kerupuk dan ragam gorengan.

Tak perlu susah mencari minuman pendamping, sebab lontong tuyuhan cocok untuk disantap bersama berbagai jenis minuman, baik teh, jeruk, bahkan air mineral sekalipun. Jauh lebih nikmat jika Anda menyantap lontong ini di desa asalnya, Desa Tuyuhan.


Wisata kuliner di Kabupaten Rembang akan semakin lengkap, jika Anda juga mencicipi sayur merica, sate sarepeh, mangut, pindang tempe, petis bumbon. Benar-benar menggugah selera!

0 Response to "Ini Masakan Kuliner Khas dari Rembang Paling Mantap"

Poskan Komentar