Ini 10 Fakultas Hukum Negeri Swasta Terbaik di Indonesia

Fakultas hukum terbaik di Indonesia, baik swasta maupun negeri, Sarjana (S1) maupun pascasarjana baik magister (S2) maupun doktor (S3) di bawah ini dibuat bukan bermaksud untuk memberikan justifikasi yang valid dan harus diikuti. Ini hanya bersifat perspektif yang sudah menjadi penilaian umum.

Pun, ini bukan hasil riset menggunakan metode tertentu seperti yang dilakukan webomatrics ranking of world university atau yang lainnya. Ini hanya versi yang dibuat redaksi Berberita.com sehingga ini terbilang cukup subyektif.

Universitas Indonesia
Fakultas Hukum UI adalah kampus negeri paling favorit di Indonesia, berlokasi di Depok Jawa Barat. Reputasinya tidak hanya di negeri ini, tetapi juga dunia. Banyak tokoh hukum yang lahir dari sini seperti Adnan Buyung Nasution, Jimly Asshiddiqie, Yusril Ihza Mahendra, Todung Mulya Lubis dan masih banyak lagi lainnya.

fakultas hukum terbaik

Universitas Gadjah Mada
FH UGM masuk dalam jajaran kampus top di Indonesia, terletak di Yogyakarta. Dalam rangking secara keseluruhan, UGM selalu unggul dibandingkan UI dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak pakar hukum yang lahir dari universitas ini, salah satunya Denny Indrayana.

Universitas Padjadjaran
FH Unpad sudah dikenal sebagai perguruan tinggi dengan jurusan hukum yang memiliki sumber daya manusia (SDM) terbaik, alamat di Bandung, Jawa Barat. Banyak sekali ahli hukum yang lahir dari sini, antara lain Ruhut Sitompul yang dikenal sebagai pengacara sukses dan kaya raya.

Universitas Diponegoro
FH Undip dikenal sebagai fakultas yang menghasilkan cendekiawan, pemikir dan ilmu-ilmu hukum seperti Prof Barda Nawawi Arief, Prof Muladi, Satjipto Raharjo, dan masih banyak lagi lainnya. Perguruan tinggi negeri ini berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Universitas Airlangga
FH Unair juga dikenal sebagai kampus yang punya kualitas di bidang hukum, berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Salah satu pakar hukum terkemuka, di antaranya Paulus Efendi, Moegiharjo dan lainnya.

Universitas Islam Indonesia
FH UII sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya soal hukum, alamat di Yogyakarta. Sekolah swasta tertua di Indonesia ini melahirkan banyak tokoh ternama, misalnya Busro Muqoddas yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahfud MD pernah menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), dan banyak lagi lainnya.

Universitas Katolik Parahyangan
Kampus ini punya fakultas hukum bonafide dan berkualitas. Bertempat di Bandung, Jawa Barat, UNPAR berhasil mencetak pakar hukum terkenal seperti Hotman Paris, OC Kaligis, Frans Hendra Winarta. Mereka advokat yang banyak diburu artis ibukota.

Trisakti
Berlokasi di Jakarta, FH kampus ini cukup punya kredibilitas di bidang hukum. Swasta, tetapi berkelas. Banyak melahirkan pengacara handal.

Universitas Andalas
Kampus Unand cukup punya reputasi di bidang hukum. Lokasi di Padang, Sumatera Barat, salah satu tokoh hukum yang dikenal di antaranya Saldi Isra.

USU
Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) juga dinilai sabagai salah satu kampus yang punya dedikasi tinggi di bidang hukum. Salah satu tokohnya, antara lain Muchtar Pakpahan, M Solly Lubis, dan lainnya.

Demikian 10 perguruan tinggi dengan fakultas hukum terbaik di Indonesia versi Berberita.com baik dilihat dari S1 maupun pascasarjana (magister dan doktor). Bagaimana dengan Anda?

1 Response to "Ini 10 Fakultas Hukum Negeri Swasta Terbaik di Indonesia"