Es Gempol, Wisata Kuliner Minuman Khas Jepara

Berberita.com - Kuliner minuman biasanya bersifat menghilangkan dahaga. Namun, pernahkah Anda menemui minuman yang menghilangkan dahaga sekaligus mengenyangkan? Jika Anda bertandang ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, minuman yang mengenyangkan akan Anda jumpai, yakni es gempol.

Sensasi mengeyangkan yang ditawarkan es gempol berasal dari “gempol” yang dibuat dari tepung beras. Gempol tidak memiliki rasa seperti halnya makan nasi.

Tapi ada beberapa pembuat gempol yang sengaja memberikan garam pada gempol sehingga ada jenis gempol yang saat digigit terasa asin, meski rasa asin yang dijumpai sekadar pelengkap dan tidak terlalu mencolok.

es gempol wisata kuliner minuman khas jepara jawa tengah
Gempol biasanya berwarna putih, merah, atau hijau yang tercampur dalam segelas air santan. Gempol berkualitas memiliki warna gempol yang terbuat dari pewarna alami.

Namun, jika Anda menyantap es gempol di warung kaki lima yang harganya sangat murah biasanya menggunakan pewarna makanan buatan, tetapi masih aman untuk dikonsumsi.

Perpaduan bahan-bahan gempol, santan, gula cair, dan daun pandan menciptakan minuman segar mengenyangkan yang dikenal masyarakat Jawa dari masa ke masa.

Untuk mendapatkan es gempol, Anda bisa menjumpai di warung kaki lima hingga restoran yang terdapat di berbagai kota besar seperti Semarang, Solo, Bandung, hingga Jakarta. Meski begitu, kenikmatan setiap gigit gempol akan terasa luar biasa jika Anda menikmati es gempol di daerah asalnya, yaitu Jepara. Cukup dengan Rp 2.000 hingga Rp 4.000, Anda sudah dapat menikmati segarnya es gempol.

Tentu, wisata kuliner Anda di Bumi Kartini ini semakin lengkap dengan adanya es gempol. Bahan, resep dan cara membuatnya cukup mudah, kok. Tepung beras dibentuk gempol, kemudian dicampur dengan santan bercampur pandan dan gula cair atau sirup. Tinggal kasih es untuk dingin dan rebus santan untuk sajian panas/hangat.

Resep dan cara membuat es gempol khas Jepara, mudah sekali, bukan? Yuk, wisata kuliner di Kota Ukir!

0 Response to "Es Gempol, Wisata Kuliner Minuman Khas Jepara"

Poskan Komentar