Ini 5 Tips Tidur Sebentar Berkualitas dan Nyenyak

Tips tidur sebentar berkualitas dan nyenyak memerlukan cara, kiat dan rahasia yang harus dijalani. Pasalnya, tidur dengan waktu yang lama belum tentu berkualitas. Lantas, berapa jam waktu tidur yang baik, efektif dan menyehatkan?

Pernahkah Anda tidur dengan waktu yang relatif lama, tetapi merasa tidak nyaman saat bangun tidur? Atau justru tidur dengan waktu yang relatif singkat, tetapi mendapatkan kebugaran dan kesehatan setelah tidur? Lama atau tidaknya tidur bukan menjadi jaminan kualitas tidur Anda.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyimak kiat-kiat, tips dan cara dari redaksi Berberita.com berikut untuk mendapatkan tidur yang baik, berkualitas dengan jangka waktu sebentar, sehat, dan membuat Anda nyenyak. Simak!

tidur yang baik berkualitas
Ilustrasi tidur sebentar yang baik dan berkualitas. Foto: huffingtonpost.com

Pertama, perhatikan perlengkapan tidur Anda, seperti kasur, bantal, sprei, dan berbagai aksesori lainnya. Kasur merupakan perangkat yang penting karena kualitas tidur Anda sedikit banyak ditentukan oleh kasur. Berbagai riset membuktikan, kesalahan dalam memilih kasur dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

Bahkan bahan kasur, bantal, atau guling bisa menjadi penentu kualitas tidur Anda. Karena itu, upayakan untuk memilih bahan yang lembut, tidak terlalu keras, dan tidak berpotensi menyerap debu. Bahan yang terbuat dari kapas biasanya berpotensi menyerap debu sehingga bagi Anda yang alergi dengan debu bisa menjadi fatal.

Perangkat tidur yang dirasakan sudah tidak layak pakai, sebaiknya Anda segera menggantinya. Misalnya bantal yang sudah tak layak pakai, akan mengganggu kepala saat tidur, apalagi komposisinya tidak tepat sehingga menyebabkan kemiringan kepala yang tidak teratur.

Demikian halnya kasur, jika komposisi bahan kasur sudah tidak seimbang, maka bergegaslah untuk menggantinya. Kelayakan perangkat tidur yang menentukan posisi tubuh saat tidur menjadi salah satu faktor penting kualitas tidur Anda.

Kedua, ciptakan ruang tidur Anda senyaman mungkin. Sebagian besar peneliti mencatat, ada dua fungsi tempat tidur, yaitu untuk keperluan seks dan tidur. Sehingga jika berbagai aksesori yang tidak mendukung kenyamanan tidur berada di kamar Anda, sebaiknya ditempatkan di tempat yang sesuai.

Selain itu, pencahayaan lampu, kebisingan, temperatur suhu AC, dan berbagai perangkat tidur lain dipastikan sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika perlu, tambahkan aroma terapi di ruang tidur Anda.

Ketiga, kenali posisi tidur terbaik Anda. Setiap orang memiliki posisi tidur terbaik yang tidak sama dengan orang lain. Namun, Anda juga harus mempelajari posisi tidur yang tidak sehat, seperti tengkurap yang dapat menekan perut, jantung, dan paru-paru.

Keempat, buatlah ritual rutin sebelum tidur. Misalnya gosok gigi, cuci muka, membaca bacaan ringan, mendengarkan musik klasik, dan ritual lain yang membuat diri Anda nyaman menjelang tidur.

Kelima, hindari kafein menjelang tidur. Kopi dan berbagai minuman instan berkafein akan mengganggu tidur Anda, karena zat berkafein membuat Anda terjaga. Keenam, ciptakan ritme tidur yang teratur. Dengan ritme yang teratur, tubuh akan terasa nyaman saat bangun tidur.

Kualitas tidur menentukan kenyamanan aktivitas Anda keesokan hari. Lebih dari itu, kualitas tidur menjadi penentu kesehatan fisik dan psikologis Anda. Untuk itu, persiapkan kualitas tidur Anda malam ini.


Demikian 5 cara, kiat, rahasia dan tips tidur sebentar berkualitas dan nyenyak. Jika Anda tanya berapa jam waktu yang baik untuk tidur, jawabnya enam sampai delapan jam per hari. Namun, perhatikan bahwa tidur yang baik dan berkualitas tidak harus butuh waktu lama. Semoga bermanfaat!

1 Response to "Ini 5 Tips Tidur Sebentar Berkualitas dan Nyenyak"