Cara Mengatasi HP Tablet Android yang Semakin Lambat

Mengatasi android lambat atau lemot dibutuhkan cara jitu paling tepat agar tidak mengganggu aktivitas kerja Anda dalam menggunakan gadget seperti HP dan tablet yang mempengaruhi kinerja BBM, game, Whatsapp, dan aplikasi lainnya. Ini tips, trik, kiat dan cara android yang semakin lambat!

Pernahkah smartphone Android Anda tiba-tiba lebih lambat jika dibandingkan saat Anda membelinya? Apalagi jika Anda menyukai ragam aplikasi menarik yang disediakan secara gratis oleh Google Play Store. Hal ini bukan berarti Android kesayangan Anda mengalami kerusakan atau melambat seiring berjalannya penggunaan.

Lantas, apa yang menyebabkan Android mulai melambat dan bagaimana mengantisipasinya? Begini tips, trik, kiat dan cara tepat mengatasi android yang semakin lambat dan lemot dari Berberita.com untuk Anda.

android
Ilustrasi foto/gambar android terbaru. Sumber: Android.com

Tutup aplikasi yang berjalan
Saat Anda membuka suatu aplikasi dan menutupnya dengan tombol home, maka aplikasi ini sebenarnya masih berjalan. Aplikasi yang masih berjalan di belakang layar inilah yang menyebabkan performa Android melemah. Untuk mengantisipasi masalah ini, sebaiknya selalu gunakan tombol back untuk menutup aplikasi.

Kurangi brightness
Semakin tinggi tingkat kecerahan (brightness), semakin besar konsumsi daya baterai yang digunakan. Selain itu, penggunaan auto brightness yang memanfaatkan sensor cahaya untuk mengetahui intensitas cahaya secara otomatis yang diterima smartphone akan menguras daya baterai Android Anda.

Hindari penggunaan Live Wallpaper
Selain menarik, wallpaper yang bergerak (live wallpaper) menyediakan animasi yang bagus sehingga Anda lebih tertarik memasangnya ketimbang wallpaper yang tidak bergerak. Namun yang perlu Anda ketahui, penggunaan live wallpaper ini cukup berat karena bergerak dan diulang secara terus-menerus.

Kurangi widget
Penggunaan widget yang terlalu banyak, apalagi widget yang berkaitan dengan informasi, maka widget tersebut sering melakukan update terhadap konten, misalnya widget cuaca. Setiap widget memerlukan kapasitas tertentu dari RAM Android. Tak ayal semakin banyak widget yang Anda pasang, semakin besar jumlah kapasitas RAM yang digunakan sehingga menyebabkan Android Anda lambat.

Gunakan MicroSD
MicroSD berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Dengan penambahan microSD akan melegakan RAM Android. Untuk memindahkan data dari RAM ke microSD Anda dapat menggunakan App2SD atau Link2SD. Anda juga bisa membersihkan junk file dan cache menggunakan aplikasi Clean Master.

Hindari auto rotate
Fitur ini secara otomatis memudahkan pengguna untuk melihat tampilan Android secara horizontal atau vertikal. Penggunaan fitur ini akan menyesuaikan bentuk layar sesuai posisi Android Anda sehingga akan memperberat kerja Android yang berdampak pada lambatnya Android.

Jika Anda tak ingin repot mencari satu per satu penyebab melambatnya Android, Anda bisa menggunakan fitur Factory Reset. Untuk antisipasi, sebelum memakai langkah ini sebaiknya Anda melakukan back up terlebih dahulu.


Demikian tips, trik, kiat dan cara mengatasi HP Tablet Android yang semakin lambat dan lemot yang memengaruhi kinerja BBM, Whatsapp, dan aplikasi lainnya. Apalagi Anda yang suka game pasti tidak bisa jika android lambat. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Mengatasi HP Tablet Android yang Semakin Lambat"

Poskan Komentar