Capung Bionicopter, Robot Hewan Tercanggih di Dunia

Robot Capung Bionicopter yang dikendalikan dengan HP atau smartphone adalah robot hewan tercanggih di dunia saat ini. Namun, teknologi selalu mengalami kemajuan, pembaruan, dan terobosan-terobosan mutakhir sehingga robot hewan tercanggih mungkin akan ada lagi selain bionicopter.

Jika selama ini robot identik dengan manusia, lain halnya dengan Festo, sebuah perusahaan pembuat perangkat elektronik otomatis yang berbasis di Jerman mengembangkan teknologi robot capung.

Robot yang diberi nama Bionicopter ini dapat terbang bebas di angkasa tanpa mengepakkan sayap dan bermanuver ke segala arah layaknya capung asli. Tidak sebatas pada gerakan dan fungsinya, bentuk Bionicopter juga didesain mirip dengan capung asli. Lantas, bagaimana spesifikasi dan teknologi robot hewan tercanggih di dunia ini? Simak ulasan khas redaksi Berberita.com untuk Anda.

Robot Hewan capung tercanggih di dunia

Bionicopter memiliki empat sayap terbuat dari karbon fiber dan kertas perak yang dapat berputar sampai 90 derajat dari posisi horizontal. Keempat sayap tersebut memiliki lebar kurang lebih 63 sentimeter dan panjang tubuh mencapai 44 sentimeter dengan berat tubuh hanya 175 gram.

Dengan berat tubuh seringan itu, Bionicopter mampu terbang tinggi dan rendah ke segala arah dengan mudah. Tak heran jika robot capung ini banyak mendapat pujian sebagai robot yang mirip seperti binatang aslinya.

Robot serangga mungil ini memiliki komponen inti mikrokontroler ARM yang dapat melakukan kalkulasi semua parameter sehingga dapat menyesuaikan secara mekanis dari sensor. Tak ayal, Bionicopter mampu mengepakkan sayap hingga 20 kali per detik sehingga dapat terbang secara baik layaknya capung tanpa terlihat adanya kesulitan saat bermanuver.

Yang lebih unik, robot canggih ini dapat dikendalikan melalui pemancar spektrum milik telepon pintar atau smartphone. Dengan dibekali mikrokontroler berbasis prosesor ARM, robot ini tetap stabil di udara meski sang pengendali memiliki potensi untuk melakukan kesalahan saat mengendalikan  Bionicopter.

Dengan teknologi itu pula, “capung” tersebut dapat mempertahankan keseimbangan di udara sebagai antisipasi saat pengendali melakukan manuver berbahaya yang dapat mengancam si robot. Sayangnya, pihak Festo tidak memberikan informasi seputar harga dan ketersediaan Bionicopter di pasar umum.


Demikian ulasan seputar capung bionicopter yang saat ini menjadi robot hewan tercanggih di dunia versi Berberita.com. Bagaimana dengan Anda?

0 Response to "Capung Bionicopter, Robot Hewan Tercanggih di Dunia"

Poskan Komentar