Berburu Bandeng Presto Khas Semarang Paling Enak

Berberita.com - Semarang selain identik dengan wisata kota bersejarah, Semarang dikenal dengan ragam kuliner khas yang menggoda, di antaranya bandeng presto. Bahkan bagi kalangan wisatawan, muncul pameo: “Belum ke Semarang kalau tidak membawa oleh-oleh bandeng presto”. Lantas, mana sih yang paling enak?

Tak ayal, toko-toko yang menjual bandeng presto di sepanjang jalan utama kota Semarang banyak dibanjiri pengunjung, meski sebetulnya bandeng presto juga bisa dijumpai di berbagai daerah seperti Pati, Kudus, Jepara, Kendal, Magelang, Banyumas, Purwokerto, Yogyakarta

Bandeng presto biasa dipilih dari ikan bandeng segar yang berdaging tebal sehingga kesan yang didapat saat menggigit adalah empuk, gurih, dan “menggoda”. Duri bandeng yang telah dilunakkan dengan cara “presto” membuat duri bandeng dapat langsung dimakan tanpa khawatir terluka dengan duri sebagaimana saat makan ikan biasa.

bandeng presto Semarang Pati Kudus Jepara Kendal Magelang Banyumas Purwokerto Yogyakarta

Bumbu-bumbu seperti bawang putih, brambang, kunyit, lengkuas, ketumbar, dan daun salam yang meresap ke dalam daging membuat cita rasa bandeng presto semakin nendang. Cara menyantap bandeng presto pun beragam. Apabila Anda memposisikan bandeng presto sebagai lauk, nasi putih bersama sayur dan sambal menjadi “teman setia” saat menikmati bandeng presto.

Namun jika Anda memposisikan bandeng presto sebagai masakan siap santap, Anda dapat langsung menyantapnya bersama saus. Meski bandeng presto dapat langsung disantap, sebagian orang memasaknya lagi dengan menggoreng, dijadikan sup, dan lain sebagainya.

Untuk berburu bandeng presto di Semarang, Anda tidak perlu khawatir mendapatkannya. Salah satu toko bandeng presto yang dikenal di Semarang terletak di Jalan Pandanaran, yaitu Bandeng Juwana Elrina.

Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 80.000 per kilogram. Artinya, cukup merogoh kocek antara Rp 35.000 hingga Rp 80.000 tersebut, Anda sudah dapat menikmati sekitar empat hingga lima bandeng presto yang nikmat.

Terkait dengan asal-usul bandeng presto, kecamatan Juwana, kabupaten Pati adalah sentra industri pertama yang memproduksi bandeng presto. Karena itu, bandeng presto juwana diambil dari nama kecamatan Juwana. Namun dalam perkembangannya, bandeng presto juwana justru dikenal sebagai makanan khas Semarang.

Berburu bandeng presto, Anda juga dapat menemukan di berbagai kota, seperti Pati, Kudus, Jepara, Kendal, Magelang, Banyumas, Purwokerto, Yogyakarta, dan lainnya. Empuk, menggoda dan enak. Tertarik?

0 Response to "Berburu Bandeng Presto Khas Semarang Paling Enak"

Poskan Komentar