Ini Bahaya Listrik dan Pedoman Keselamatan untuk Anda

Bahaya listrik dan pedoman keselamatan ini menjadi artikel yang penting untuk Anda. Setiap hari kita berhubungan dengan listrik. Hampir semua perlengkapan yang kita operasikan menggunakan listrik, seperti lampu, televisi, kulkas, laptop, ponsel, hingga memasak pun sekarang menggunakan listrik. Tak ayal, listrik sudah menjadi bagian hidup kita sehingga perlu adanya cara, tips, kiat dan trik agar listrik di rumah menjadi aman.

Namun, listrik seringkali identik dengan sesuatu yang berbahaya, bahkan berpotensi membahayakan jiwa. Meskipun demikian, jika kita mengerti tentang pedoman keselamatan akan bahaya listrik, sebenarnya listrik tidak berbahaya. Justru kita dapat bersahabat dengan listrik.

Ada dua hal yang membuat kita dirugikan oleh listrik, yaitu melalui sengatan dan kebakaran. Terkait dengan sengatan, tak dapat dimungkiri bahwa tubuh kita peka terhadap listrik sehingga sengatan listrik dapat menyebabkan cedera parah.

bahaya listrik pedoman keselamatan

Akibat yang ditimbulkan jika arus listrik mengalir ke tubuh, antara lain gagalnya kerja jantung, gangguan pernafasan, kerusakan sel tubuh, dan terbakar akibat efek panas listrik. Sementara itu, kebakaran akibat listrik yang biasa terjadi di pemukiman disebabkan pengkabelan listrik terlalu panas atau rusak.

Lalu, bagaimana membuat kelistrikan rumah Anda menjadi lebih aman? Berikut cara, tips, kiat, pedoman dan langkah agar listrik di rumah aman yang diulas redaksi Berberita.com untuk Anda. Simak!

Pertama, mengetahui instalasi dasar listrik dalam rumah untuk membantu Anda dalam menyadari masalah keselamatan yang terlihat. Kedua, menjamin perlindungan pembumian (grounding) untuk memberikan lintasan yang aman bagi listrik.

Tanah merupakan konduktor listrik paling baik untuk mengalirkan kembali arus ke bumi dari outlet, pengikatan atau pemasangan, dan perangkat yang rusak. Sistem pembumian instalasi listrik membuat Anda lebih aman jika perangkat listrik rusak.

Ketiga, sediakan lebih banyak outlet stop kontak dinding untuk setiap ruangan. Dengan cara ini, Anda tidak lagi membutuhkan kabel sambungan dan adaptor multiple yang berpotensi membahayakan keselamatan. Keempat, sediakan daya listrik yang memadahi. Dengan mengukur daya listrik berdasarkan kebutuhan saat ini maupun kebutuhan akan datang, membantu Anda untuk meminimalkan risiko kebakaran akibat instalasi listrik terlalu panas.

Karenanya, tindakan yang harus diambil untuk menghindari bahaya listrik, antara lain tidak membakar sampah dekat jaringan listrik, memangkas ranting pohon yang menyentuh jaringan listrik dengan meminta bantuan PLN, tidak membuat sumur pompa di bawah jaringan listrik, tidak mencantol listrik, hindari bermain layang-layang dekat jaringan listrik karena benang berpotensi sebagai penghantar listrik, stop kontak bertumpuk mengundang bahaya kebakaran, jangan tinggalkan listrik dalam keadaan menyala, dan larang anak-anak bermain stop kontak.

Selain itu, supaya lebih aman, cabutlah stop kontak sebelum memperbaiki peralatan listrik, jika sekring putus gantilah dengan sekring baru, matikan listrik sebelum bekerja, putuslah aliran listrik melalui saklar induk jika banjir datang, dan jangan memperluas sendiri instalasi rumah tanpa izin. Mari bersahabat bersama listrik, dengan memperhatikan pedoman keselamatan akan bahaya listrik!

0 Response to "Ini Bahaya Listrik dan Pedoman Keselamatan untuk Anda"

Poskan Komentar