1001 Tips Memilih Bantal yang Baik Sehat untuk Tidur

Tips memilih bantal yang baik dan sehat untuk tidur dibutuhkan agar bisa membuat tidur menjadi nyaman. Jangan salah, tidur merupakan cara agar jiwa, raga dan pikiran tenang dan kembali pulih setelah seharian bekerja. Karena itu, tidur yang berkualitas sangat diharapkan setiap orang.

Selain matras, salah satu peranti penting yang menunjang kualitas tidur adalah bantal. Untuk menghasilkan kualitas tidur yang menyehatkan, Anda tidak harus mendapatkan bantal dengan harga yang melangit.

Oleh karena itu, beberapa cara, kiat dan tips dari redaksi Berberita.com berikut dapat menjadi referensi Anda untuk memilih bantal yang nyaman, sehingga tidur pun menjadi berkualitas.

orang tidur di bantal baik sehat
Ilustrasi tidur di bantal yang baik. Foto/gambar: wisegeek.com

Salah satu cara untuk mendapatkan bantal yang nyaman, Anda dapat memilih jenis bantal yang akan Anda beli. Umumnya, bantal terbuat dari lateks, bulu angsa, busa, dakron, memory foam, kapuk atau kapas.

Masing-masing jenis bantal memiliki kelebihan yang menentukan apakah Anda sesuai dengan jenis bantal tersebut atau tidak. Bantal berbahan lateks biasa digunakan bagi orang yang bermasalah dengan tulang leher dan tulang belakang. Lateks juga bebas tungau sehingga sesuai untuk yang biasa menderita alergi.

Sementara itu, bantal berbahan bulu angsa dapat menjadi pilihan bagi Anda yang suka dengan kelembutan. Bantal bulu angsa telah digunakan sejak lama oleh kalangan bangsawan di berbagai kerajaan di Eropa.

Karenanya, bantal berbahan bulu angsa dikenal dengan harganya yang melangit hingga sekarang. Meski begitu, Anda yang mudah terkena alergi dengan debu dan tungau, sebaiknya hindari menggunakan bantal berbahan angsa mengingat bantal jenis ini mudah disinggahi debu dan tungau.

Anda yang suka bantal empuk dan bersih, dapat memilih bantal berbahan busa. Bantal jenis ini berisi spons yang cukup baik menyangga kepala Anda saat tidur. Sayangnya, bantal ini lebih terasa panas ketimbang bantal jenis lain.

Untuk bantal dakron, ia terbuat dari serat plastik yang halus. Sebelum memutuskan bantal dakron sebagai pilihan untuk menemani tidur Anda, sebaiknya Anda memilih bantal dakron yang paling tebal sebab bantal ini dapat menipis termakan waktu.

Jika Anda sering berkeringat saat tidur, sebaiknya pilih bantal jenis memory foam. Bantal jenis ini mampu menyerap keringat dan nyaman digunakan meski membutuhkan waktu untuk mengembalikan bantal ke bentuk semula.

Nah, kalau Anda mempertimbangkan bantal dari segi harga, Anda dapat memilih bantal kapuk. Meski cukup nyaman untuk menopang kepala Anda, tetapi bantal ini mudah dihinggapi tungau dan debu sehingga tidak cocok bagi penderita asma. Lantaran itu pula, bantal jenis kapuk kurang baik untuk kesehatan, terutama untuk pernafasan.

Selain itu, Anda harus memperhatikan kualitas bantal apakah mendukung posisi kontur kepala, leher, dan tulang punggung secara optimal atau tidak. Bantal yang Anda pilih juga mesti tahan terhadap panas tubuh dan uap air, serta bersifat memantul atau tidak kempes.

Dengan memilih jenis dan kualitas bantal yang nyaman, setidaknya Anda memiliki investasi untuk membangun mimpi-mimpi Anda di kamar secara berkualitas.


Demikian cara, kiat dan tips memilih bantal yang baik sehat untuk tidur Anda. Sekali lagi, tidur punya peran yang penting dalam hidup Anda. Karena itu, jangan sembarangan memilih peranti tidur seperti bantal.

0 Response to "1001 Tips Memilih Bantal yang Baik Sehat untuk Tidur"

Poskan Komentar