10 Keuntungan Menanam Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik adalah teknik menanam dengan menggunakan media berupa air yang saat ini populer digunakan bagi masyarakat perkotaan yang tidak punya pekarangan rumah. Teknik bertanam ini sebetulnya sudah lama tenar di Negara Jepang dan punya banyak keuntungan, keunggulan, kelebihan dan kebaikan.

Cara menanam hidroponik pun sangat mudah, jika kita tahu teknik dan konsepnya. Pada dasarnya, akar tumbuhan yang dulu menggunakan media tanah diganti dengan air. Tapi, airnya harus mengalir agar tidak statis yang berakibat panas.

"Tanaman hidroponik itu pada dasarnya meletakkan akar tumbuhan di dalam media air. Sebaiknya, air itu mengalir terus. Kalau tidak mengalir akan menyebabkan air menjadi panas sehingga bisa menyebabkan sayuran atau buah-buahan yang ditanam mati," ujar Simon, pegiat Komunitas Hidroponik Kabupaten Pati Jawa Tengah kepada berberita.com.

Tanaman Hidroponik
Keuntungan tanaman hidroponik
Lantas, apa sih kelebihan, keunggulan, kebaikan dan keuntungan teknik hidroponik jika dibandingkan cara konvensional? Berikut ulasannya.


  1. Tidak menggunakan tanah, cocok untuk kamu yang tidak punya lahan atau pekarangan rumah
  2. Sirkulasi air bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti akuarium
  3. Pemberikan nutrisi lebih mudah dan efisien
  4. Relatif tidak ada polusi nutrisi di lingkungan
  5. Hasilnya lebih banyak dan maksimal
  6. Panen holtikultura sayur dan buah-buahan sangat mudah, tinggal petik
  7. Bisa dipastikan steril dan bersih
  8. Tanaman bebas dari tanaman pengganggu
  9. Media tanam dapat digunakan bertahun-tahun
  10. Tumbuhan bisa berkembang dan tumbuh dengan cepat


BACA JUGA: Definisi dan Cara Menanam Hidroponik Sederhana!

Tanaman hidroponik? Menarik sekali, bukan? Benar-benar bisa menjadi alternatif bagi kamu yang kesulitan mencari lahan. Demikian 10 keuntungan kelebihan keunggulan dan kebaikan teknik menanam dengan cara hidroponik.

1 Response to "10 Keuntungan Menanam Tanaman Hidroponik"